Senin, 19 Juli 2010

CARA MEMILIH BENTUK KACA MATA



LEBIH CANTIK DENGAN KACA MATA

Banyak wanita merasa “terpukul”saat menghadapi kenyataan harus berkacamata. Bahkan, tak sedikit yang merasa dirinya langsung menjadi tua dan out of fashion.

Bila anda harus mengenakan kacamata, jangan berkecil hati. Bentuk dan warna kacamata yang tepat bisa dijadikan penampilan anda lebih cantik, anggun dan trendy. Memilih bentuk dan warna kacamata agar serasi dengan wajah memang cukup rumit. Ada beberapa cara yang bisa kita jadikan pedoman umum :

  • Sebelum membeli kacamata, coblah memakainya didepan cermin. Sat mencoba, garis teratas kacamata harus jatuh tepat dibawah garis alis dan mengikuti garis alis secara alami. Serasikan warna dan bentuk bingkai dengan wajah dan kepribadian anda?
  • Bingkai kacamata sebaiknya kontras dengan bentuk wajah. Anda yang berwajah bulat sebaiknya memilih binkai persegi panjang. Sedangkan anda yang berwajah kotak, disarankan mengenakan bingkai bentuk oval.
  • Pilih kacamata berukuran seimbang wajah. Kacamata yang terlalu besar membuat wajah kurang proporsional. Sebaliknya, kacamata terlalu kecil membuat wajah “meluber”.
  • Memang, kacamata berukuran kecil tengah digemari, namun ada baiknya anda sesuaikan dengan bentuk wajah. “Jika garis bingkai kacamata mengganggu pandangan, itu artinya kacamata terlalu kacil untuk anda,” kata Collin Teo, seorang ahli kacamata.
  • Anda yang aktif di lapangan atau rajin berolah raga sebaiknya menggunakan kacamata berlensa plastic, anti gores dan memiliki pelindung sinar ultraviolet.
  • Pilih lensa dengan cara mengarakan kacamata kebagian terang. Pastikan tak ada goresan atau lapisan cat yang cacat pada bingkai kacamata.
  • Lensa berkualitas baik, bebas lembung-gelembung air yang berada didalam lensa.
  • Cobalah memuka tutup gagang kacamata. Pilih yang tak terlalu keras dan kaku.


Kacamata dan bentuk wajah

Wajah persegi

Anda yang memiliki tulang rahang bentuk persegi dan berdahi besar, sebaiknya memilih bingkai bentuk kurva atau bulat dengan sudut sedikit lancip. Boleh juga bingkai bentuk jajaran genjang /wajik.

Wajah oval

Fleksibel dan cocok dengan semua bentuk bingkai kacamata, termasuk bingkat model mata kucing.

Wajah bulat

Bila dahi, pipi dan dagu anda hampir membentuk lingkaran, itu artinya wajah anda bulat. Kurangi kesan bundar dengan bingkai kacamata bentuk persegi. Pilihlah bingkai besi yang tipis untuk mengimbangi kesan “berat” pada wajah anda.

Daun sirih /bentuk hati

Jika wajah anda melebar di bagian dahi dan meruncing pada bagian dagu, wajah anda bentuk hati. Pilihlah bingkai sederhana yang memiliki sedikit sudut.


Sesuaikan dengan warna kulit

Selain bentuk wajah, warna kulit, mata dan rambut merupakan faktor penting dalam memilih kacamata. Anda yang berkulit gelap, sebaiknya memilih bingkai warna terang. Misalnya warna keemasan, kemerahan atau kehijauan. “Anda yang bekulit sawo matang nampak serasi dengan bingkai warna gelap untuk memberi kesan kulit lebih terang dan memperkuat karakter yang ada,” saran Joan Chew,ahli kecantikan. Sedangkan anda yang berkulit kuning langsat atau putih, pilihlah warna bernuansa biru tua atu perak untuk mengimbangi kulit anda yang cenderung pucat.


Rias wajah dan kacamata

Dengan mengenakan kacamata tak berarti anda terbebas dari urusan make up wajah. Untuk tampil menawan, serasikan tat arias wajah dengan warna dan bentuk kacamata.
  • Mata. Bubuhka eyeshadow warna pastgel cerah dengan sedikit kilau. Untuk anda yang bermata sipit, tabahkan perona mata nuansa kuning kemerahan pada bagian tengah kelopak mata, agar nampak besar dan segar.
  • Bulumata. Lentikkan bulu mata dengan mascara tipis-tipis. Saat mengenakan kacamata, pastikan macara sudah kering.
  • Pipi. Jika anda menggunakan kacamata berukuran besar, bubuhkan perona pipi secukupnya agar tak bertumpang tindih dengan kacamata. Agar nampak seimbang, bubuhkan perona pipi sedikit pada pipi bagian atas.
  • Bibir. Sesuaikan warna lipstick dengan warna bingkai kacamata anda. Misalnya, lipstick merah maroon di padukan dengan kacamata berbingkai hitam.
  • Bila tata rias bibir dan mata menggunakan warna keras, pilih perona pipi warna senada dan bubuhkan tipis-tipis saja.


Merawat kacamata

Agar kondisi kacamata tetap prima, sediakan waktu untuk merawatnya lakukan hal berikut :
  • Cuci lensa dan kacamata secara berkala dengan sabun cair ringan. Lalu keringkan dengan kain microfibre. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pelembab agar lensa lebih bersih dan jernih.
  • Setiap kali anda membersihkan kacamata, gunakan kain mikrofiber yang telah disediakan optic. Jangan melap lensa dengan sembarangan kain agar bebas dari serat-serat yang dapat merusak lensa.
  • Agar lensa kacamata tidak berembun, lindungi dari sengatan matahari atau suhu diatas 32 derajat celcius. Jangan tinggalkan kacamata dalam mobil dan tanggalkan kacamata bila anda masuk ke ruang sauna.
  • Gunakan dua tangan saat meletakkan atau memindahkan kacamata agar kacamata tak berubah bentuk
  • Bila anda melepas kacamata, masukkan segera ke dalam wadah agar lesa dan bingkainya tak tergores benda lain
  • Periksalah sekrup kacamata secara berkala untuk memastikan kacamata dalam keadaan aman dan paten
  • Faktor lain yang tak kalah penting, periksa kesehatan mata secatra berkala. Dewasa sekali setahun dan anak-anak enam bulan sekali.

Sumber : KARTINI

0 comments:

Poskan Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda