Minggu, 18 Januari 2009

BUBUR PENAMBAH BERAT BADAN BAYI

Tanya:
Anak pertama saya perempuan dengan BB 2,7 kg dan PB 47 cm. Sekarang usianya 5 bulan dengan BB 5,3 kg dan PB 66 cm. Apakah normal?
Sejak lahir ia tidak minum ASI saya hanya memberinya susu formula. Usia 4 bulan, atas saran bidan, saya berikan seperti bubur khusus penambah berat badan bayi. Karena setiap kali saya imunisasikan, bidan bilang anaknya kecil. Padahal sudah saya berikan yang terbaik untuknya. Anak saya selalu aktif. Kalau diberi mainan langsung respon. Masalahnya pada BB dan PB. Apa yang harus saya berikan dan susu apa yang terbaik untuknya?

Jawab:
Saat ini status Gizi anak anda adalah Gizi kurang. BB ideal putri ibu adalah 7,2 kg sedangkan PB dalam batas normal. Kebutuhan asupannya adalah 860 kalori. Untuk mengejar BB yang kurang ibu bisa berikan bubur susu 2x sehari @3-5 sendok takar. Susu formula untuk bayi.

30 comments:

DhufanPaes mengatakan...

anak saya lahir BB 33,500 kg PB 50 cm 12 Mei 2009 genap uasi 8 bln sekarang BB 7,2 kg kata dokter pas pasan krn Pb lebih 70 cm. Riwayata lahir memang memprihatinkan karena terjadi minum ketuban dan lahir sempat tidak nafas dan tidak nangis tetapi sekarang aktifitasnya bagus cuma saja blm dapat merangkak dan duduk sendiri mohon nasihatnya

BUNDA DAN ANANDA mengatakan...

Hi Dhufan...Pertumbuhan anak berbeda-beda.Tapi ada juga yang kekurangan kalsium jadi sedikit menghambat pertumbuhannya, alias kurang optimal. Coba deh konsultasi ke Dokter Anak mengenai pengaturan pola makan,makanan apa saja yang mengandung kalsium. Mudah-mudahan berhasil ya Fan...

ranee mengatakan...

anak saya bernanama viore sekarang berumur 5 bln, beratnya 6,2kg.menurut sayua beratnya sangat kurang,untuk menambahnya diberi mamam apa ya?padahal sudah saya beri bubur susu 2X dalam sehari,tolong bantuannya,terimakasih

BUNDA DAN ANANDA mengatakan...

Hi Ranee,
Jangan Resah ya, Viore tapi sehat khan? Berat Viore sedang kok yang penting sehat dan tidak sakit, kalau gerakannya juga masih lincah nggak masalah kok Ranee.Badan Gemuk juga belum tentu bagus bagi pertumbuhan anak, memang sih menggemaskan bagi kita, tapi anak tersiksa lho.
Kalau saya menyarankan coba Ranee menghubungi DSA minta tambahan suplemen untuk Viore. Mudah-mudahan sukses ya Ranee. Salam sayang buat Viore

Titie mengatakan...

Saya punya Baby Nama nya Khansya umur nya sudah 9 bulan tp BB nya cm 6,8 kg... Gimana yah supaya BB cpt naik & montok... Skrg Khansya msh d beri ASI & Susu formula & MP ASI nya bubur instan... Masalahnya khasya agak susah makan 'n minum susu kecuali ASI.. Sedangkan sy tiap hr kerja dr pg smp sore... Tolong dong saran nya... Mksh...

Anonim mengatakan...

selamat pagi,mohon info dan bantuannya,saya punya baby 9 bln,,saat lahir bb 4,5kg dan pb 52cm, skrg bb nya 8kg dan pb 72cm,karna 4hari mengalami diare bb nya menjadi 7,6kg,ankny aktif bgt,skrg jg sudah bisa jalan lancar, apakah bb nya normal atau kurang ya ? dzaky masih di beri ASI dan nasi tim saring,tapi memang makannya agak susah, maunya main dan jalan teruz,,kemudian saat ini saya sedang puasa,apakah mempengaruhi produksi asi saya untuk dzaky y dok? mohon solusinya dan balasannya,,trims,,

BUNDA DAN ANANDA mengatakan...

selamat pagi, membaca tulisan anda, bahwa anak anda yang usia 9 bulan bb nya masih bisa dikatakan normal, cuma idealnya 8.8kg. Memang anak semakin besar semakin aktif, Mbak menghubungi saja DSA (dokter spesialis anak) untuk minta vitamin tambahan.
Puasa sangat mempengaruhi produk ASI, tapi Mbak nggak usah khawatir soalnya Ananda Dzaky khan sudah makan makanan tambahan jadi ASI sebagai pelengkap saja. Terimakasih kembali.

sanny mengatakan...

malam, anak saya umur 9 bulan. berat badan cm 8kg. ideal gak ya. makannya banyak sih. tp naiknya cm dikit2. dulu waktu lahir 3,3 kg pb 48cm.

Anonim mengatakan...

Lam Kenal... Mau Tanya neh Anak saya usia 7 bln 2 mggu, skrg BB cma 6.6 Kg panjangnya ga tau deh, setiap ditimbang beratnya cma naik sedikit bgt pdhal waktu lahir beratnya 2.9 kg padahal Asi + susu formula dr lahir trs skrg makannya jg suka bgt klo dibikin Tim, anaknya jg aktif & gesit, tapi blm bisa duduk maunya diberdiriin trs, aapakah anak saya perkembangan tubuhnya kurang ya dan normal ga seh dg usia sgtu dg BB nya? Thx atas jawabannya

aisyah_poetry@yahoo.com mengatakan...

Asslm.. mw numpang nanya nih.. anak saya lahir dengan BB 2,4kg sekarang usianya sudah hampir 8 bln tp BB susah bgt naiknya... sekitaran 6,7 sekrang.. apa termasuk kurus?makasih atas tanggapannya..
wassalam

yanti mengatakan...

ass. mau nanya anak sy 1th tp brtnya 7,5kg kt dsa anak sy kurang bbnya gmn cr menaikan bbnya ya? tq

elly mengatakan...

assalamualaikum....bayi saya 7bln, bb sekarang 6kg, sebelumnya 6.2kg. karena batuk pilek bb nya jadi berkurang. sekarang masih asi dan sudah saya beri bubur susu sebagai mpa. kata DSA bb anak saya kurang dan saya d anjurkan memberi sufor, padahal saya masih ingin memberikan ASI, bagaimana cara menaikan bb bayi tanpa harus dengan sufor, terima kasih masukannya, wassalam

MAma Arai mengatakan...

Assalamualaikum, saya mau tanya, anak saya berusia 8bulan 1 minggu bb nya 7,3 kg, dulu 8 bulan uda lair,bb nya 2.5kg, apa itu normal???? kalo maemnya banyak, dan nafsu makannya juga oke, tapi kok naiknya sedikit- sedikit ya?? udah tidak minum ASI, mohon masukanyya, thanks ya???????????
Mama Arai>>>

Mama Fira mengatakan...

anak perempuan saya waktu lahir beratnya 2,8kg dengan panjang 48cm dan pada umur 7 bulan ini beratnya 6kg panjang 64cm. apakah itu normal? saya sudah memberinya bubur dan anak saya suka minum susu formula pada malam hari sebanyak 3 botol @120 ml.
mohon penjelasannya, sebab anak saya terlihat kurus meskipun nafsu makannya terlihat cukup baik. terima kasih.

Deden Hastuty mengatakan...

anak perempuan saya waktu lahir beratnya 2.8kg dengan panjang 49cm. sekarang sudah umur 2,5 bulan dan berat badan 4.4kg. anak saya berikan asi+sufor karena saya bekerja. apakah berat badan nya normal untuk sekarang? mohon penjelasan nya..

Reni mengatakan...

saya reni, bayi saya umurnya 8 bln BB nya 6.98kg apakah itu normal?? untuk menambah berat badannya dikasih mamam apa ya??
terimakasih..

Dyah mengatakan...

Assalamu'alaikum, saya mau tny.. anak saya umurnya 9 bln tp berat badannya hny 8 kg setahu saya standar beratnya harus diatas 9 kg untuk anak laki - laki. mohon penjelasannya solusi untuk menambah berat badan anak saya, selain susu makanan/bubur apa yg hrs sy berikan untuk anak saya. terima kasih...

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum, saya mau tanya anak saya umurnya 8 bln tgl 26/11 beratnya 6,4 kg apakah normal atau kurang ya karena minumnya asi campur formula kalo ditinggal kerja dan MP Asi.

ichacutes mengatakan...

ass. wr. wb.
anak saya berumur 9,5 bulan, berat badannya 6,3kg.. gimana caranya agar berat badannya bertambah ? makanan apa yg baik utk anak saya, padahal saya sudah memberikan asi..
trims

Anonim mengatakan...

assalamualaikum, anak saya haidar lahir dng berat 2,7kg skrng berumur 6,5 bln dng berat 6,1kg. saat imunisasi dokter bilang kl ank saya kurus..padahal saya sudah memberi ank saya bubur susu..tapi saat makan bubur tersebut ank saya lebih suka disimpan dlm mulut dr pada menelannya. gimana caranya supaya anak saya mau menelan makanan dan berat badannya bertambah???

Anonim mengatakan...

anakku zhafran lahir 2.5kg. sekarang usianya 6bln dengan bb 6.8kg... berapa berat yang ideal untuknya? mengingat asi saya sering macet tidak keluar (harus makan setelah menyusui agar asinya keluar kembali. haruskah dibantu susu botol?

Liqa Aulia mengatakan...

anak q naBhan Lahir BB 3,3 Pjg 5,2,, sKg uSia Nya 7 buLan BB nya 8,3,, cMa Bis saiT jdi 8kg,, Itu ideaL g Say?
num Susu ssaH BgT,, nunggu dia Tidur dLu,, mKn Jga ssH,, aq sBgai Bunda HwaTir BgT,, anak nya aKtif,,
Say,, toLong saran nya gMn menaikan BB nya & jdi doyan Susu,,
sdh cBa q GanTi susu mcm2,, KaLi z Kan dia g doyan yg ad,, Tp ternyaTa saMa ajah reaKsi nya Ma susu,, TOLONG SAY

Anonim mengatakan...

ass....
saya marlina dan anak saya aqilah sekarang berumur 4,5 bulan BB 5,5 kg dan PB 61 cm. apakah itu normal krn kata dokter beratnya kurang? anak saya minum ASI + susu formula S26 dan makan bubur bayi 3 x sehari 2 sendok takar. gimana cara menormalkan BB anak saya? dia sangat aktif.
terima kasih

Anonim mengatakan...

anak saya usia 3 tahun bb 10kg tb 85. bagaimana untuk meningkatkannya?saya sudah tanya beberapa dokter katamya tidak apa2

Anonim mengatakan...

anak saya lahir prematur dengan bb 1,7kg. sekarang sudah berusia 3 bulan dan bb nya 4,6 kg dan TB 55cm. apa itu normal? trus bagaimana caranya meningkatkan bb nya biar lebih montok?

Bunda Arvind mengatakan...

Assalam...
Bayi saya 6 bln BB nya 7kg sama seperti waktu usianya 5 bln BB nya jg 7kg.waktu lahir BB nya 3,4kg. Tapi anaknya aktif dan Allhamdulillah jarang sakit. Yang saya tanyakan dalam 2 bulan tidak ada kenaikan BB apakah wajar meskipun bayi saya BB nya masih normal?nafsu makan dan menyusu bayi saya juga luar biasa bagus, skr cuma saya kasih makan pisang saja dan ASI eksklusif. Apakah bayi ASI eksklusif memang susah gemuk bila dibandingkan bila minum SUfor?dan apakah ada ASI yang memang gak bisa bikin bayi gemuk (gizi ASI kurang meski jumlahnya mencukupi) mohon penjelasan dan terimakasih bila sudah dijawab.

fadilah mengatakan...

Anak saya 9 bulan tp beratnya cm 7 kilo,waktu lahir BBnya 2,4..dia aktif skali bergerak..gimana caranya biar berat badannya bisa bertambah ya???apa ada makanan khusus untuk menambah berat badannya??mohon bantuannya,,trimakasih
ibu Fadilah

Anonim mengatakan...

ass..
saya lia,,
ank sya sekarang berumur 7, 3 buln tetapi BBnya hnya 5,7 PB 64
gmn ya mb,,,katany bert bdn ank saya kurang,,,,apa y solusiny supy berat bdnny bertmbh,,,
dan semenjak umur unur 7 bln buang air besarny,,1 hri bs s,mpi 3x

Martha Tobing mengatakan...

Anak saya perempuan lahir di minggu ke-36, dengan berat badan 2.6kg dan panjang 48cm; sampai saat ini dia masih ASIX; memasukin bulan yang ke-5 berat badannya hanya 5.6kg dan panjang 64cm, kata DSA berat badannya kurang. Saya dan suami inginnya dapat memberi ASIX 6 bulan. Apa yang harus saya lakukan agar berat badannya bisa bertamnbah?

Anonim mengatakan...

Salam kenal sy Ike, Anak sy perempuan lhr cesar dgn bb 2,9kg dan pnjg 49cm. Tapi sdh umr 2bln bb masi 3,7kg. Anak sy lahir dgn klainan jantung (ada lubang pd jantungny) dan mnm ASI setiap 3jm skali. Setiap mnm karena dari payudara lgs jd sy tdk bs menakar brp byk ank sy sdh mnm atau sdh kenyang blm. Kalau sy paksa mnm akan menangis keras dan menolak atau muntah klo mmg tdk mau mnm. Tolong saran dan masukannya kira2 apa yg hrs sy lakukan spy bb ank sy bs naik. Terima kasih

Poskan Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda