Rabu, 02 Desember 2009

FAKTA BARU SEPUTAR CHLORELLA

Sejak 20-25 tahun lalu, produk alga/ganggang chlorella banyak dipasarkan dalam beragam bentuk, seperti tepung, pil, kapsul, juga cairan. Dicampur dengan bahan-bahan lain, tepung chlorella pun dapat disajikan menjadi sup, kue-kue, juga kosmetika.

Chlorella merupakan ganggang berinti dan bersel tunggal. Chlorella adalah mekhluk purba, karena sudah ada dipermukaan bumi sejak 2,5 milyar tahun lalu. Sebagai ganggang air tawar, susunan protein chlorella begitu unik dan mengandung banyak zat bermanfaat.


Chlorella diketahui mampu bertahan terhadapa perubahan alam sejak zaman prekambium karena memiliki genetic dengan mekanisme perbaikan DNA yang sangat tinggi. Bentuk, ukuran dan sifat dinding sel chlorella mudah menyesuaikan diri pada cuaca ekstrim dan bisa bertahan terhadap pengaruh luar dalam waktu lama. Jadi jangan heran kalau chlorella bisa ditemukan di perairan tropis, su-tropis, sampai kutub sekalipun.

Jelpang merupakan Negara pertama yang memenfaatkan ganggang ini sebagai makanan sehari-sehari. Dengan keunikan dirinya, chlorella mengandung banyak menfaat. Dan ini menarik banyak peneliti untuk mengembangkan manfaat chlorella, salah satunya Prof. Randall E. Merchant, Ph.D. seorang professor anatomi dan bedah syaraf dari Virginia Commonwealth University,USA.

Menurut Randall, selain sebagai makanan sumber protein dan serat yang baik,chlorella juga bermanfaat sebagai antitumor. Penelitian terakhirnya mengemukakan bahwa chlorella mampu memperpanjang hidup penderita kanker otak.

Sebagaimana telah diketahui, penderita kanker otak hanya mempu hidup paling lama 2 tahun sejak divonis menderita kanker. Penelitian yang melibatkan 21 orang penderita kanker otak membuktikan bahwa pasien ini menjadi lebih bertahan setelah pengobatan deng chlorella. Pasien kanker juga lebih jarang menderita infeksi pernapasan.

Mengobati syndrome fibromyalgia

Sindrom fibromyalgia (SF) adalah panyakit kronis yang berhubungan dengan gangguan tidur yang jika tidak diobati bisa menyebabkan sakit otot menahun. Diperkirakan 2-4% penduduk AS menderita penyakit ini. Keluhan terbesar adalah rasa sakit di seluruh tubuh. Gejala lain yang mungkin timbul adalah rasa lebih terus menerus, rasa kaku di pagi hari, dan sakit kepala.

Pada uji klinis yang melibatkan 60 orang penderita SF, pemberian chlorella secara teratur signifikan menyebabkan punurunan jumlah titik nyeri dan memperbaiki kualitas tidur pasien.

Menobati hipertensi

Suplemen vhlorella yang diberikan secara teratur selama 2 bulan menunjukkan penurunan tekanan darah 15 pasien dari 24 pasien hopertensi sedang hingga ringan yang menjadi obyek uji coba.

Mengobati radang usus besar

Radang usus besar (ulcerative colitis) adalah kondisi kronis dimana usus besar mengalami peradangan dengan gejala diare disertai pendarahan dengan gejala diare disertai pendarahan dan nyeri perut. Sembilan pasien radang usus besar yang mengonsumsi chlorella setiap hari dilaporkan membaik dan berkurang peradangannya. Chlorella terbukti mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Detoksifikasi

Penelitian Dr. Ichimura, pemberian 8 gr clorella per hari pada pasien sakit perut akibat keracunan cadmium menunjukkan pengeluaran bakteri ini meningkatkan 3 kali lipat dibandingkan tidak mengonsumsi.

Antivirus

Dalam buku “clorella untuk kesehatan dan kebugaran “, Prof. Unus Suriawiria mengemukakan penelitian dari chlorella news pada 1987 mengungkapkan bahwa 45 pasien AIDS yang diberi chlorella selama dua bulan berturut-turut menunjukkan peningkatan kekebalan tubuh. (Alia/77/mei2005)




1 comments:

hem batik madura mengatakan...

Baru beberapa hari saya mengkonsumsi sun chlorella. ada yg menyarankan untuk memperbaiki gangguan lambung yg saya alami. Ingin tahu lebih jauh ttg produk ini, search di google nemu artikel ini, padahal saya datang dengan kata kunci "menyembuhkan Sindrom Fibromyalgia"
tak disangka, ternyata produk ini juga bisa mengatasi penyakit itu. Wah... banyak banget manfaatya ya...
Trims atas infonya.

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda