Sabtu, 03 Desember 2011

TIP MENGHIAS POHON TERANG



SUNGGUH INDAH RUPAMU…

Pohon Terang, pohon terang sungguh indah rupamu. Lilinmu bersinar terang, melihatnya hatiku senang. Natal telah datang. Tibalah saat menghias pohon terang. Namun, sebelum membeli dan menghiasnya, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal penting dan serba-serbi pohon natal.

Menghias pohon natal merupakan kegiatan yang unik dan menarik. Terlebih lagi, bila anda menhias pohon cemara atau pinus hidup/ segar.. warna dan aroma yang timbul dari pohon segar membuat suasana Natal semakin nyata. Namun sebelum membeli dan menghias pohon natal ada beberapa hal yang harus anda ketahui.Misalnya, pilih pohon yang sehat dan segar hingga bisa bertahan lama- minimal sebulan hingga hari raya tahun baru. Berikut empat hal penting yang harus diingat ketika membeli pohon natal :

  • Sebelum membeli, putuskan pilihan: apakah anda ingin membeli pohon yang sudah dipotong atau pohon dengan akarnya/
  • Pilihlah pohon yang kelihatannya masih segar dan sehat. Artinya, bila anda memutuskan untuk membeli pohon yang sudah dipotong, pilihlah yang masih segar ketika membelinya. “Jika anda membeli di lading, pilih pohon yang baru di panen. Bila anda membeli di toko, pilihlah pohon yang baru. Maksimal baru 2-3 hari berada di toko,” kata Rogery Hay, seorang ahli pohon natal.
  • Agar tak repot membersihkan karpet dan lantai setiap hari. Pilihlah jenis pohon yang ranting dan jarum-jarumnya tak mudah patah.
  • Setiba dirumah, letakkan pohon di tempat yagn dingin dan jauhkan pohon dari sinar matahari langsung. Siram air secukupnya dari atas hingga ke bawah setiap hari.

Seputar pohon terang

  • Konon, pohon cemara menjadi symbol umat Kristiani pada abad ke-7, ketika St Boniface menebang sebatang pohon oak- yang biasa digunakan sebagai lambing pemujaan kepercayaan masyarakat setempat. Tak lama berselang, tepat di tempat berkas pohon oak itu, tumbuh pohon cemara sebagai penggantinya.
  • Tradisi membawa pohon natal ke dalam rumah dan menhiasnya dengan berbagai ornament bermula di Jerman pada abad ke 17. saat itu mulai dikenal hiasan tali-temali dari perak asli.
  • Pangeran Albert merupakan orang pertama yang membawa pohon natal ke Inggris Raya pada 1841. pada tahun 1846, sebuah lukisan bergambar Pangeran Albert, Ratu Victoria dan putra-putri berdiri mengelilingi pohon natal muncul dalam Illustrated London News. Sejak itu pohon natal menjadi semakin terkenal dan membudidaya.
  • Sekitar enam juta pohon natal terjual di Inggris Raya setiap tahunnya. Dan 40 juta pohon akan tumbuh setiap waktunya.
  • Lampu-lampu listrik pohon natal dipatenkan di Amerika tahun 1882.
  • Pohon natal imitasi pertama kali dibuat dari bulu angsa dan dijual pada awal abad ke-20.
  • Bila anda ingin pohon natal beraroma cemara asli, rendam jarum-jarum daun ke dalam air dan lumuri batang pohon dengan getahnya.

TIPS MENGHIAS POHON NATAL
  • Jika hiasan pohon natal anda tidak bisa ditempel hiasan, buatlah cantolan berbentuk huruf S dari kawat taman. Pasang ornament, lalu gantunglah di ranting dan cabang Pohon Natal.
  • Hiaslah pohon natalanda dengan satu gaya, sehingga anda bisa memeriksa apakah pohon tersebut telah mendapatkan letak dan ruang yang pas.
  • Selesaikan dekorasi pohon sesuai dengan gaya yang anda inginkan, lalu periksalah kebali, apakah masih ada ornament yang perlu ditambahkan. Lalu nyalakan lampu-lampu, dannikmatilah hasil kreasi anda.
  • Periksalah apakah ada kabel yang rusak. Lihatlah bagian-bagian yang terpotong atau terkelupas dari kawat atau karet pelindungnya. Jika ada, jangan ambil resiko – beli lampu dan kabel yang baru.
  • Periksalah apakah ada bola lampu yang sudah rusak atau pecah. Jika memang harus ada yang diganti, pastikan listrik sudak anda matikan terlebih dahuluh.
  • Pastikan aliran listrik yang ada buat untuk pohon natal sesuai dengan standar yang berlaku. Periksa lagi peralatan listrik anda ketika membelinya.
  • Jika ada menggunakan lampu-lampu di taman atau di luar rumah, pastikan semuanya cocok dan sesuai. Anda bisa memakai lampu luar rumah untuk didalam rumah, tapi janganlah memakai lampu dalam rumah untuk di luar rumah.
  • Nikmati keindahan pohon terang anda jangan lupa, setiap malam, bila tidak diperlukan, matikan listriknya. Dan pastikan listrik mudah dinyalakan kapan saja.

Pohon natal mini

Seiring perjalan waktu, tradisi menghias pohon berukuran besar mulai dianggap merepaotkan. Di abad ke 16, tradisi pohon natal mini muncul di Jerman, Austria dan Perancis. Tahun 1840, Pangeran Albert – suami Ratu Victoria – memperkenalkan tradisi pohon natal mini di Inggris. Lewat sebuah lukisan yang menggambarkan pangeran dan keluarga berkumpul mengelilingi pohon natal mini yang berada di atas meja, tradisi menghias pohon terang mini semakin popular.

Aneka gaya menghias pohon natal mini

Pohon natal mini menjadi tren sepanjang masa Victoria dan biasanya dihias dengan menggunakan ornament buatan sendiri. Pohon cemara kecil ini semakin popular. Salah satu keunggulannya, pohon ini mudah dipindah-pindah dan anak-anak bisa ikut menhias sesuai selera mereka. Berikut beberapa gaya menghias pohon natal mini.

Warna natal

Gaya ini terinspirasi dari tren budaya Indian - dimana perhiasan berwarna-warni beserta aksesoris gantungnya mempercantik suasana. Pohon natal dengan gaya hias seperti ini akan menarik perhatian anak-anak kecil. Karena itu, akan sangat indah dan cocok bila diletakkan di kamar tidur anak. Bola gantung, kaca kecil dapat ditambahkan sehingga menampilkan nuansa majik yang menyala-nyala.

Serasi ruang

Pilihlah dekorasi dan ornament yang senada dengan nuansa dan warna ruangan agar pohon natal menjadi kesatuan yang manis dan tidak mendominasi ruangan.

Terinspirasi alam

Gunakan dekorasi bernuansa cokelat atau berkarat yang terbuat dari dedaunan, buah-buahan kecil, dan bulu-bulu. Beri rumput imitasi dan ornament mengkilat, seperti embun, untuk mendapatkan nuansa pedesaan.

Gaya Kristal

Untuk mendapatkan penampilan yang anggun dan bersahaja, hias pohon natal dengan gemerlap Kristal yang sangat cantik dan ornament mengkilat.

Gaya dongeng

Jika anda mencintai balet dan pantomin, bawalah ini ke rumah anda. Hias pohon natal anda dengan bola gantung warna-warni, gliters dan ornament mengkilat yang bercahaya. Untuk mendapatkan suasanayang lebih dramatikal. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan bulu-bulu untuk menambah nuansa yang lebih flamboyant.

Jenis-jenis pohon natal

Ada banyak jenis pohon yang dapat digunakan sebagai pohon terang. Agar tak terlalu repot membersihkan daun pohon, pilih jarum-jarum daun yang kuat dan tidak mudah rapuh sehingga bisa tahan lebih lama. Cemara dan pinus merupakan jenis pohon yang paling banyak dibeli orang untuk merayakan Natal, karena lebih tahan lama. Dibawah ini ada beberapa jenis pohon cemara.

Cemara/ pinus

Jarum-jarum daun tetap kuat meski telah kering.

Cemara fraser :
Harum, memiliki penampilan agar berbulu

Cemara noble:
Memiliki aroma paling kuat.

Cemara Nordman:
Jarum-jarum daun, berkilauan dan berwarna agak keperakandi baliknya.

Pinus Scots :
Harum, bisa menahan dekorasi/hiasan yang berat.

Cemara Spruce

Jarum-jarum daunnya mudah rapuh jika telah kering.

Spruce Biru :
Jarum-jarum daunnya berwarna biru atau abu-abu kusam

Spruce Norwegia :
Merupakan pohon natal tradisional, yang biasa dipakai seperti yang biasa dipajang taman-taman di Eropa. Dulunya pohon ini merupakan hadiah dari pemerintah Norwegia.


Sumber : Kartika

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda