Rabu, 26 Oktober 2011

TAHAP PERKEMBANGAN ANAK




Bebas bergerak untuk melanjutkan langkah besar berikutnya

Langkah besar si kecil selanjutnya setelah belajar berjalan adalah meniki tangga. Si kecil mungkin takut saat pertama kali, tetapi dengan bimbingan anda ia akan percaya diri untuk menjelajah. Jaga agar si kecil dapat terus bergerak bebas sehingga ia dapat terus mengembangkan gerakannya.

Kapan seharusnya anak saya bisa berjalan menaiki tangga?

Berjalan menaiki tangga adalah kemampuan yang seharusnya dimulai pada usia 15-24 bulan. Untuk memiliki kemampuan tersebut anak harus mampu berjalan dengan baik. Setelah berjalan dengan baik maka biasanya anak anda akan belajar berjalan mundur, berlari dan bersamaan dengan itu akan belajar untuk menaiki tempat yang lebih tinggi.

Bagaimana memacu agar anak bisa berjalan menaiki tangga?

Anak anda bisa berlatih untuk berjalan di jalan menanjak selain itu anak bisa dilatih untuk menaiki balok dengan dipegangi badannya dari belakang.

Perlu diingat, jangan melatih anak menaiki tangga saat anak membawa permainnanya karena dapat menganggu perhatian dan keseingangannya. Selain itu bagi anak yang masih menggunakan diapers, hindari menggunakan diapers yang tebal atau penuh karena akan menyulitkan anak selangkah dan membuat anak makin sulit menaiki tangga karena beban yang berat.

Anak saya sudah lancer berjalan dan berlari, tetapi dia tampak takut menaiki tangga. Apa yang terjadi ?

Mungkin saja anak anda pernah mengalami trauma menaiki tangga misalnya terjatuh saat menaiki tangga. Bahkan kadang-kadang anak takut menaiki tangga karena orang tua sering melarang anak mendekati tangga.

Dengan melarang anak menaiki tangga maka orang tua telah mencegah anak untuk mengeksplorasi lingkungannya. Yang dibutuhkan anak bukan suatu larangan tetapi bagaimana member pengertian bahayanya terjatuh dari tangga dan menemaningya setiap anak menaiki tangga sehingga anak merasa aman dan pada akhirnya bisa menaiki tangga dengan baik.

Sumber : PARENTSINDONESIA.COM

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda