Selasa, 03 Mei 2011

ALL ABOUT NUTS

TINGGI SERAT, KAYA PROTEIN

Hampir semua orang suka kacang-kacangan atau nut, rasanya yang gurih sangat lezat di makan langsung atau diolah menjadi beragam masakan. Kacang pun semakin memikat manakala kita tahu beragam gizi dan manfaatnya. Tinggi protein, sumber lemak, kaya vitamin, gudang serat dan kalsium adalah keistimewaan lain dari kacang-kacangan.

Saat ini ada beragam jenis kacang-kacangan beredar di pasaran. Mulai produk local hingga impor. Jenisnya pun beraneka dari yang mentah hingga olahan. Anda bingung memiliha jenis kacang? Berikut kami ulas bermacam anggota keluarga kacang.

Almond (prunus amygdalus)

Salah satu jenis kacang yang banyak digunakan dalam hidangan. Fungsinya untuk mengentalkan sop, menambah cita rasa sop, campuran kue kering hingga taburan cake. Varietas almond ada dua, sweet almond untuk masakan dan bitter almond yang biasa diekstrak minyaknya. Almond mengadung banyak arginine, sejenis asam amino yang dipercaya menjaga kesehatan jantung.




Walnut (juglans regia)

Jenis kacang ini mempunyai kulit luar yang sangat keras. Bila dikupas, bijinya berkerut dengan warna kecoklatan. Banyak digunakan untuk campuran aneka dessert, cake, muffin atau digoreng sebagai snack, walnut kaya akan lemak tak jenuh dan omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Pine Nuts (pinus pinea)

Banyak tumbuh di daerah Mediterranean terutama Italia. Bentuknya oval kekuningan. Biasa digunakan utnuk taburan salad, saus pesto, atau isi cake. Simpan di tempat yang rapat karena ini tinggi lemak dan cepat rusak/tengik.

Hazelnut (corylus colurna)

Kacang ini banyak digunakan sebagai isi cokelat, campuran cake kue kering atau roti bakar. Hazelnut juga djual utuh dalam kemasan kaleng sebagai snack. Kacang ini merupakan sumber vitaminE dan mengadung folic acid.

Pistachio (pistacia vera)

Warnanya hijau cerah sehingga terlihat sangat cantik untuk hisasan makanan. Selain untuk snack, kacang ini juga sering digunakan sebagai isi pie, cookies, ice cream atau cake. Seperti almond pistachio juga kaya akan protein dan potassium.

Chestnuts (castanea sativa)

Kulit luarnya keras dengan warna cokelat tua. Sering digunakan untuk campuran cake dan pastry. Aroma dan citarasa sop dan saus salad juga menjadi lebih creamy bila ditambah kcang ini. Chestnut kaya akan kandungan lemak tak jenuh dan sumber protein nabati yang baik.

Macademia (macadamia integrifolia)

Kacang asal Australia ini berbentuk bulat kekuningan dengan citarasa gurih dan agak manis. Di pasaran dijual dalam kemasan kaleng siap santap. Kacang ini kaya akan kandungan lemak nabati, protein dan mineral.

Kenari (canariumcommune L)

Berasal dari Indonesia, terutama daerah Maluku. Selain dikonsumsi sebagai snack, kenari cocok untuk campuran kue kering, cake dan kue basah. Seperti halnya kacang-kacangan, kenari kaya akan lemak nabati, protein, vitamin dan mineral.

Sumber : KARTIKA

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda