Jumat, 14 Mei 2010

GEJALA FLU DAN PILEK


Gejala flu atau influenza memiliki gejala khas, seperti: suhu tubuh meninggi, badan terasa lemas, persendian ngilu, sakit kepala, pilek dan batuk. Sementara gejala pilek biasanya diawali keluhan sakit atau gataldi tenggorokan. Juga kerap disertai naiknya suhu badan sehingga terjadi demam, berlanjut denga keluarnya ingus jernih yang lama kelamaan mengental dan pekar dari hidungnya. Sementara batuk yang menyertai pilek, merupakan reaksi lelehanlendir ke bagian belakang tenggorokan. Batuk ini timbul untuk mencegah pengentalan di paru-paru.

Flu dan pilek sangat cepat mudah menular. Penularannya melalui udara yang tercemar oleh bersin danbatukpenderita. Bagi si kecil yang kurang sehat atu daya tahan tubuhnya lemah, rentan tertular flu dan pilek.

Ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan, diantaranya adalah :

  • Bila si kecil menunjukkangejala mau flu/pilek, segera beri terapi denga pijatan lembut di leher, punggung dan dada dengan menggunakanobat gosok yang mengandung uap agar bisa dihirup.
  • Beri makanan bergizi dalam porsi kecil tapi sering. Tambahkan lebih banyak vitamin C
  • Banyak minum, baik air hangat, ASI,susu, jus buah, atau air putih
  • Usahakan si kecil banyak istirahat.
  • Jika hidung tersumbat, Bantu dengan menghirup uap air hangat dari baskom. Tutupi kepala si kecil dengan handuk sehingga uap hangatnya langsung meresap ke dalam hidung.
  • Jika demam, kompres didaerah kepala, ketiak, dan elangkangan dengan air hangat (kehangatnnya tidak melebihi suhu tubuh). Beri obat penurunpanas sesuai petunjuk dokter. Kenakan baju tipis dan longgar agar si kecil tak kegerahan, lepas seluruh pakainnya, dekap dalam pelukan sehingga panasnya bisa berpindah ketubuh anda. Segera bawa kedokter bila demam tak juga reda setelah 2-3 hari diobati sendiri dan anak demam tinggi atau bila si kecil masih bayi. NABILA/1/2005

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda