Jumat, 22 Juli 2011

PERSIAPAN WAJIB SEBELUM KEMBALI BEKERJA



Banyak diantara kita yang akhirnya memutuskan embali bekerja setelah absen beberapa waktu. Berbagai alas an menjadi latar belakang, mulai dari tuntutan ekonomi hingga aktualisasi diri. Apapun itu sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan baik.

Ada berbagai alas an yang mendasari seseorang memutuskan berhenti bekerja. Beberapa diantaranya adalah berkonsentrasi pada keluarga, melanjutkan pendidikan, dan merasa jenuh bekerja. Meski begitu, bukan tidak mungkin anda kembali bekerja setelah absen selama beberapa waktu. Banyak ibu rumah tangga bekerja lagi setelah sang anak sudah cukup besar untuk ditinggal.

Menurut Novie Espiritu, konsultas senior dari AJJ Executive Search keputusan untuk kembali bekerja harus diperhitungkan dengan matang. Tentukan motivasi anda. Apakah karena tuntuan ekonomu atau ingin melanjutkan karier. Mengapa menentukan motivasi itulah yang akan menentukan kinerja anda.

Selain itu, anda juga wajib membicarakan rencana itu dengan keluarga, terutama suami. Dengan begitu suami dan anak bisa menyiapkan diri menghadapi perubahan yang terjadi setelah anda bekerja kembali. Sampaikan maksud anda itu jauh-jauh hari sebelum anda mencoba melamar pekerjaan anda.

Berikut adalah beberapa alas an seseorang berhenti bekerja sementara serta persiapan ketika memutuskan untuk bekerja kembali.

CUTI MELAHIRKAN

Pada umumnya, karyawan memiliki hak cuti malehirkan selam kurang lebih tiga bulan. Sebelum mengambil cuti, tentu anda harus sudah mendelegasikan pekerjaan anda pada orang lain yang ditunjuk atasan. Idealnya, pada masa-masa cuti itu anda tetap memantau pekerjaan anda secara umum. Dalam kurun waktu tiga bulan, banyak hal bisa terjadi. Menurut Novie, perusahaan biasanya mengharapkan pegawai selalu meng-update secara berkesinambungan pekerjaan yang selama ini mereka delegasikan. Contoh: ada proyek baru apa saja di kantor? Jadi saat masuk kantor nanti, anda bisa langsung menjalankan tugas kerja anda sebelumnya. Umunya, perusahaan memberikan karyawan waktu satu minggu untuk beradaptasi dengan kondisi perusahaan. Namun, bukan berarti anda bisa bersanti pada minggu pertama. Anda harus segera mengikuti ritme kerja di perusahaan. Usahakan dating tepat waktu. Anda tidak bisa menjadikan bayi anda sebagai alas an keterlambatan.

Ketika pertama kali dating ke kantor, hal pertama yang aharus anda lakukan adalah menghadap atasan dan tanyakan padanya perihal tugas kerja yang anda tinggalkan saat cuti. Setelah itu, anda bisa menanyakan detailnya kepada pengganti anda. Biasanya, sebelum kembali ke kantor, perusahaan sudah mempersiapkan pengalihtugasan kembali pekerjaan anda.

Ingat, anda juga harus menerima perubahan yang terjadi di kantor, misalnya, meja anda dipinjam. Jangan langsung marah, Bu. Tanyakan baik-baik kepada atasan atau teman sehingga tidak terjadi salah faham.

BERHENTI KERJA DALAM WAKTU CUKUP LAMA

Satu tahun adalah waktu maksimal seseorang melakuakan penundaan kerja (berhenti kerja sementara). Biasanya, setelah lebih dari satu tahun, perusahaan baru yang anda tuju akam empertimbangkan banyak hal sebelum mempekrjakan anda sebagai karyawan. Mereka bisa saja berfikir kemampuan anda berkurang karena sudah lama tidak bersinggungan dengan dunia kerja.

Biasanya perusahaan-perusahaan meoleransi beberapa alas an menunda bekerja, seperti urusan keluarga, sakit, dan melanjutkan pendidikan. Bila ternyata alasannya adalah sulit mendapatkan pekerjaan, perusaan akan menganggap anda tidak kompeten. Cermatlah dalam memberikan alas an, Bu.

Perusahaan akan memantau track record pekerjaan anda sebelum memutuskan berhenti bekerja. Anda akan lebih diperhitungkan bila terus men-update kemampuan yang berkaitan dengan bidang kerja. Contohnya, sebagai seorang sekertaris, anda mempelajari software baru pengarsipan. Selain itu, anda diharpkan meng-update berita-berita dan isu-isu terbaru, terutama yang berkaitan dengan bidang kerja. Misalnya, bila bergerak dibidang akuntansi, anda harus tahu perkembangan peraturan pajak yang baru.

Anda bisa mencari informasi terkini dari berbagai sumber, seperti media massa, internet, atau bahkan teman. Jadi, meskipun menunda kerja, anda tetap harus menjaga dan membangun jejearing yang dimiliki. “Anda akan tampil prima bila anda mempersiapka diri minimal tiga bulan sebelum anda melamar pekerjaan baru, “pesan Novie.

MELANJUTKAN SEKOLAH

Bila alasan seseorang absen bekerja karena melanjutkan studi, biasanya perusahaan memberikan perlakuan khusus. Karena meski tidak bekerja dalam waktu tertentu, secara akademis ilmu anda bertambah. Dengan begitu, otomatis perusahaan juga mendapatkan keuntungan dari bertambahnya ilmu anda itu. Namun perusahaan tetap mengharapkan anda terus memperbaharui kemampuan praktis.

Jadi, anda tak perlu khawatir bila menhabiskan waktu bersekolah. Anda tetap akan diperhitungkan dendan jenjang pendidikan yang telah dicapai, asalkan anda terus memperbarui pengetahuan dan keahlian teknis yang sudah dimiliki.

Intinya, setiap pilihan dan keutusan harus dipertimbangkan secara matang. Termasuk soal keputusan anda untuk bekerja kembali. Dengan mempersiapkannya, anda akan menjadi seorang professional dalam berkarier. Selamat dating kembali di dunia kerja!

PERLU DIPERSIAPKAN

Tentu tidak mudah untuk aktif bekerja kembali setelah sekian lama di rumah. Untuk mempermudah hal tersebut, lakukan beberapa langkah ini :

  • Pertimbangkanlah sisi positif dan negative keputusan anda bekerja kembali, terutama yang berkaitan dengna kepentingan keluarga. Anda harus membicarakan dan mendiskusikannya jauh-jauh hari.
  • Tingkatkan kemampuan dan keahlian
  • Pantau berita dan isu-isu baru dari media massa dan internet
  • Bangun jejaring dan pelihara komunikasi dengan teman selevel dan sebidang serta teman di luar level
  • Perbanyak membaca buku-buku baru
  • Jadilah orang yang mudah bergaul dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Anda harus fleksibel dan memiliki kemampapuan komunikasi baik.
Sumber : Sekar

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda