Senin, 18 Juli 2011

SEPUTAR MAHKOTA ANDA



Tanpa rambut sehat adalah lebat dan berkilau. Untuk menjadikannya demikian, tak cukup membersihkannya dengan sampo saja. Perlu nutrisi tertentu baik secara internal maupun eksternal. Mengapa demikian?

Setiap orang memiliki sekitar 100 ribu helai rambut di kepalanya. Setiap helainya membutuhkan waktu tumbuh setidaknya dua tahun. Tetapi percayalah, untuk rontok atau menjadi rusak, hanya diakibatkan sedikit pemicu saja. Ada beberapa faktoryang mengakibatkan rambut rontok, kusam, berketombe dan sebagainya.

Salah satu factor yang paling merusak adalah perlakuan salah terhadap rambut. Kebiasaan meluruskan (bonding), mengeriting, mewarnai bahkan sering melakukan hair-dry maupun blow-dry, dapat mengurangi lemak rambut sehingga mempercepat kerusakan. Belum lagi factor lainnya, seperti kehamilan dan melahirkan, stress, termasuk produksi lemak tubuh yang berlebih dapat memicu munculnya ketombe.

Tetapi, itu semua dapat dihindari bila anda melakukan perawatan internal maupn eksternal sebagai berikut :

PERAWATAN EKSTERNAL

  • Mencuci rambut minimal 2X seminggu adalah perawatan dasar untuk rambut sehat. Jika aktifitas berlebih, anda perlu mencuci sesering mungkin.
  • Rambut juga membutuhkan vitamin. Kandungan pada sampo biasanya belum mencukupi kebutuhan. Oleskan cairan vitamin kulit kepala., juga pada helai-helai rambut untuk menambah keindahan dan kesehatannya.
  • Teratur memotong ujung-ujungnya, tertama bagi yang berambut panjang, bisa mencegah rambut bercabang.
  • Ingin tampil gaya dengan pewarnaan atau bonding misalnya, boleh-boleh saja. Tetapi ingat, bahan kimia yang digunakannya berpotensi merusak rambut. Untuk menghindarinya, anda harus menyediakan waktu dan dana ekstra guna perawatan lainnya.
  • Batasi penggunaan hair dry/blow dry tidak lebih dua kali seminggu. Sebaiknya gunakan panas seminim mungkin. Jarak pengeringan setidaknya 15 cm dari rambut. Sebagai pelindung tambahan, lapisi penggulung dengan kertas atau lapisan khusus.
PERAWATAN INTERNAL
  • Sebagaimana bagian tubuh lainnya, rambut membutuhkan nutrisi. Salah satunya dari bahan makanan yang anda konsumsi. Jadi, iringi perawatannya dengankonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin A,C,E, protein dan selenium. Semua vitamin ini bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Untuk mengatasi kerontokan misalnya, perbanyak konsumsi perotein yang terkandung dalam tahu atau susu kedelai. Hindari diet ketat, terutama diet yang tidak seimbang. Bila kekurangan protein, maka tubuh akan memanfaatkan protein yang ada untuk keperluan yang lebih mendesak. Akibatnya, jatah pertumbuhan rambut dihentikan. Jika hal ini terus berlangsung, sudah pasti kerontokan dankebotakan akan terjadi.
  • Bila kulit anda berminyak, hindari makanan berlemak atau yang berkalori tinggi. Jenis makanan demikian merangsang produksi lemak berlebihan yang dapat memicu munculnya ketombe.
Sumber : Kartini

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda