Senin, 30 Agustus 2010

KHASIAT MADU




KHASIAT TINGGI MADU YAMAN

Madu merupakan komoditas yang sudah dikenal sejak zaman Babylonia, Assyria, Persia, India, Mesir, Yunani, dan Romawi. Dengan madu pula untuk pertama kalinya manusia pemanis. Penggunaan madu sebagai pemanis mulai berkurang ketika dikenalkan gula dari tebu pada pertengahan abad ke- 19.

Madu dihasilkan oleh serangga jenis Apis melifera dalam sarang lebah sebagai cadangan makanan pada musim dingin. Madu dihasilkan dari nektar bunga. Serangga jenis lain juga menghisap nektar bunga, namun pada lebah, nektar yang dihisap diproses lebih lanjut untuk menghasilkan madu.

Madu merupakan sumber alternatif energi selain gula. Dalam madu berkembang 1600 kalori, nyaris mendekati gula tebu (1800 kalori) dan kurma adlah satu-satunya panganan yang mampu mengalahkan kandungan gula dan madu. Walaupun madu menghasilkan energi lebih dedikit dari gula, madu lebih unggul dalan kandungan nutrisinya. Kandungan utama madu adalah gula alami yang terdiri dari fruktosa (38%), glukosa (31%), maltosa(7,3%), sukrosa (1,3%), dan gula lainnya (1,5%). Gula dalam amdu umumnya berupa gula sehingga madu lebih mudah diserap sistem pencernaan. Selain pembentukan gula sederhana, madu juga mengalami penyusutan kandungan air (18%) sehingga mampu menekan pertumbuhan mikroorganisme tanpa penambahan, pengawet. Kandungan lain pada madu adalah vitamin A,B1, B2, B3, B5, B6, B8,B9, C, D, E, dan K. Mineral berupa kalsium, besi, magnesium, mangan, kalium sulfur, fosfor, serta asam amino.

Madu Yaman

Madu Yaman memiliki banyak sekali jenis, tergantung pada musim. Karena bunga bervariasi, tergantung pada musim. Madu Yaman yang terbaik adalah madu dari Wadi Daw’an dan Wadi Jirdan. Wadi Daw’an, daerah di sekitar Hadramaut, merupakan daerah penghasil madu yang paling banyak dicari oleh konsumen. Madu dari daerah ini memiliki karakter berwarna gelap dan dihasilkan juga madu Yaman, namun dengan kualitas lebih rendah.

Bagi masyarakat Yaman, madu merupakan bawang merah karena menunjukkan status sosial. Madu Yman dianggap penting utnuk kekuatan tubuh dan kesuburan sehingga sering dijadikan hantaran utnuk pasangan yang baru menikah dan untuk anak-anak yang baru saja disunat. Madu oleh orang Yaman juga sring disajikan dalam bentuk hantaran menyambut tamu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Al-Mamary (2002), madu Yaman memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari pada madu yang dihasilkan dari negara lain. Selain kandungan antioksidan yang lebih tinggi, madu Yaman juga memiliki khasiat sebagai mantibakteri, pembangkit gairah seks, mengatasi gangguan pada : hati, lambung, infeksi saluran pernafasan, penyakit akibat akibat kurang gizi, gangguan pencernaan, sembelit, panyakit pada mata, meningkatkan immunitas, luka akibat infeksi, bakar serta luka akibat operasi. Penelitian yang dilakukan oleh grup dari University of Ottawa menunjukkan bahwa madu Yaman mampu membunuh biofilm, bakteri yang terkenal tahan terhadap antinikroba yang paling kuat pun. TABLOID REPUBLIKA

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda