Minggu, 05 Juni 2011

ALZHEIMER DISEASE



Penyakit Alzheimer

Kita semua kadang-kadang lupa akan sesuatu. Mungkin Anda sudah lupa untuk mengirim kartu ulang tahun seseorang atau terlambat mengembalikan buku perpustakaan. Melupakan hal adalah bagian dari kehidupan dan seringkali menjadi lebih umum seperti lupa akan umur seseorang.

Tetapi penyakit Alzheimer (katakanlah: alts-hi-mer), yang mempengaruhi beberapa orang tua, berbeda dengan kejadian “lupa” yang kadang kita juga rasakan. Ini adalah suatu kondisi yang mempengaruhi otak secara permanen, dan dari waktu ke waktu, membuat lebih sulit untuk mengingat bahkan hal-hal mendasar, seperti bagaimana mengikat sepatu, alamat rumah letak kamar tidur dan lain sebagainya.

Akhirnya, orang tersebut mungkin memiliki kesulitan mengingat nama dan wajah anggota keluarga – bahkan nama-nama masing-masing anggota keluarganya. Ini dapat sangat menyedihkan bagi orang dan keluarga mereka. Ini penting untuk mengetahui bahwa penyakit Alzheimer tidak mempengaruhi anak-anak. Hal ini biasanya mempengaruhi orang di atas 65 tahun. Para peneliti telah menemukan obat yang tampaknya untuk memperlambat penyakit tersebut bagi usia dini. Dan ada harapan bahwa suatu hari nanti akan ada obatnya.

Apa yang Terjadi di Otak?

Anda mungkin tahu bahwa otak Anda bekerja dengan mengirimkan sinyal. utusan Kimia, neurotransmiter yang disebut (katakanlah: nur--trans oh-mih-terz), memungkinkan sel-sel otak untuk berkomunikasi satu sama lain. Tetapi orang dengan penyakit Alzheimer mengalami penurunan jumlah neurotransmitter. Orang dengan penyakit Alzheimer juga mengembangkan deposit barang (protein dan serat) yang mencegah sel-sel dari bekerja dengan baik. Ketika ini terjadi, sel-sel tidak dapat mengirim sinyal-sinyal yang tepat untuk bagian lain dari otak. Seiring waktu, sel-sel otak yang terkena penyakit Alzheimer juga mulai menyusut dan mati.

Banyak penelitian sedang dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab penyakit Alzheimer. Tidak ada satu alasan mengapa orang mendapatkan penyakit Alzheimer. Orang yang usianya lebih tua lebih mungkin mengidap penyakit ini. Sebagai contoh, risiko yang lebih tinggi bagi seseorang yang 85 daripada bagi seseorang yang 65. Dan perempuan lebih mungkin untuk mendapatkannya daripada pria.

Para peneliti juga berpikir gen diturunkan dari anggota keluarga dapat membuat seseorang lebih mungkin untuk mendapatkan penyakit Alzheimer. Tapi itu tidak berarti semua orang yang berhubungan dengan seseorang yang memiliki penyakit Alzheimer akan mendapatkan penyakit ini. Faktor lain, digabungkan dengan gen, dapat membuat lebih mungkin bahwa seseorang akan mendapat penyakit ini. Beberapa dari mereka adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, sindrom Down, atau mengalami cedera kepala.



Di sisi positif, para peneliti percaya bahwa latihan, diet sehat, dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga pikiran Anda aktif (seperti melakukan teka-teki silang) dapat membantu menunda timbulnya penyakit Alzheimer.

Bagaimana gejala orangtua yang mengidap alzheimer ?

Tanda pertama dari penyakit Alzheimer adalah melupakan hal-hal yang biasa dilakukan. Hal ini mulai mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang. Orang tersebut lupa di mana toko kelontong atau nama-nama keluarga dan teman. Tahap penyakit dapat berlangsung selama beberapa waktu atau lebih cepat kelangsungannya, yang lebih buruk lagi bisa menyebabkan kehilangan memori dan pelupa.

Apa yang Akan dilakukan Dokter?

Ini bisa sulit bagi dokter untuk mendiagnosa penyakit Alzheimer karena banyak gejala (seperti masalah memori) bisa seperti orang-orang dari kondisi lain yang mempengaruhi otak. Dokter akan berbicara dengan pasien, mencari tahu tentang masalah kesehatan orang yang memiliki, dan akan memeriksa dia.

Dokter dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada orang tersebut atau ada orang yang mengambil tes tertulis untuk melihat seberapa baik memori nya bekerja. Dokter juga dapat menggunakan tes medis (seperti scan MRI atau CT) untuk mengambil gambar rinci tentang otak. Mereka dapat mempelajari gambar dan mencari deposit protein dan serat yang khas penyakit Alzheimer.

Sekali seseorang didiagnosis dengan penyakit Alzheimer, dokter mungkin menulis resep obat untuk membantu dengan memori dan berpikir. Dokter mungkin juga memberikan obat untuk masalah lain, seperti depresi (perasaan sedih yang bertahan lama). Sayangnya obat-obatan yang ada di dokter tidak dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer, mereka hanya membantu memperlambat penyakit tersebut.

Ketika Seseorang yang kita cintai mengidap Penyakit Alzheimer

Anda mungkin merasa sedih atau marah - atau keduanya - jika seseorang yang anda cintai menderita penyakit Alzheimer. Anda mungkin merasa gugup di sekitar orang tersebut, terutama jika dia mengalami kesulitan mengingat hal-hal penting atau tidak dapat lagi mengurus dirinya sendiri.

Anda mungkin tidak ingin pergi mengunjungi orang tersebut, meskipun ibu atau ayah ingin Anda mengunjunginya. Anda pasti tidak sendirian dalam perasaan ini. Cobalah berbicara dengan orang tua atau orang dewasa lain yang dipercaya. Hanya mengatakan apa yang ada di pikiran Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik. Anda juga dapat belajar bahwa diusia tua dalam hidup Anda akan mengalami perjuangan dalam situasi yang sendiri.

Jika Anda mengunjungi orang yang dicintai yang memiliki penyakit Alzheimer, cobalah untuk bersabar. Hal ini dapat menyedihkan jika Anda tidak lagi mampu bersenang-senang dengan cara yang sama bersama-sama. Mungkin Anda dan nenek Anda suka untuk pergi ke konser. Jika itu tidak mungkin lagi, mungkin membawa beberapa musik yang indah di atas CD dan mendengarkan bersama-sama. Ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa Anda peduli - dan menunjukkan cinta yang penting bahkan jika memori nya gagal.

Ditinjau oleh: Larissa Hirsch, MD
http://kidshealth.org/kid/grownup/conditions/alzheimers

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda