Sabtu, 03 April 2010

TIPS MEMILIH PRODUK ASURANSI

Memilih produk asuransi seringkali membuat anda bingung karena demikian banyak dan variasinya produk asuransi saat ini. Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda dalam memilih produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Pililah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ini berarti bahwa anda sebagai konsumen harus tahu benar mengenai seberapa penting produk asuransi yang akan anda beli tiu. Begitu banyak dan bervariasinya produk asuransi, maka anda harus benar-benar tepat dalam menentukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan menjadi prioritas anda.
  • Cermati baik-baik setiap produk yang ditawarkan kepada anda. Perusahaan asuransi banyak menawarkan produknya dan sangat variasi antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya. Oleh karena itu anda perlu mencermati setiap produk yang ditawarkan tersebut. Bila perlu, anda bisa berkonsultasi dengan teman-teman atau ahli asuransi.
  • Perhitungan kemampuan anda atas jenis asuransi yang akan anda beli. Jika hanya ingin membeli asuransi, premi tersebut merupakansebuah biaya, dan bukan investasi. Tahun berikutnya anda harus membayar premi lagi dan kemungkinan akan ada kenaikan premi dikarenakan adanya inflasi atau biaya yang dikeluarkan perusahaan asuransi. Dalam hal ini anda tidak perlu memaksakan diri.
  • Mencocokan produk asuransi dengan kemampuan financial anda. jika produk asuransi yang diinginkan ada beberapa, dan ditawarkan tidak hanya oleh satu perusahaan, itu merupakan informasi yang sangat bagus karena anda memiliki pilihan alternative atau sebagai pembanding.
  • Membahas isian produk asuransi dari perusahaan asuransi yang sudah anda pilih. Pembahasan ini sangat penting karena brosur yang diberikan untuk dibaca sering kali diabaikan, dan kita kurang teliti. Semua brosur dan informasi dari agen penjual sebaiknya didiskusikan dengan pihak yang mengerti hukum, supaya pilihan anda lebih terjamin.
  • Pililah perusahaan asuransi uang tepat. Untuk yang satu ini anda juga perlu berhati-hati agar tidak sampai salah pilih. Sebaiknya anda mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Status kepemilikan perusahaan kadang juga menjadi faktor pemilihan, tetapi bukanlah faktor utama.
  • Menandatangani perjanjian asuransi. Tahap ini juga perlu diperhatikan secara saksama apakah isi perjanjian tersebut sudah sesuai dengan penawaran dan keinginananda. Jangan tergoda dengan kalimat bahwa semuanya sudah sesuai dengan keinginan anda. untuk itu anda harus berhati-hati, dan minta ditunda jika tidak sesuai dengan keinginan anda,karena apa yang tertulis dalam perjanjian tersebut merupakan pegangan gabi masing-masing pihak. (INOVASI CAR)


0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda