Senin, 09 Juli 2012

SEPUTAR PENYAKIT KANKER




Apakah Kanker Itu

Kanker terjadi jika sel-sel membelah diri secara tidak terkendali. Sel-sel abnormal ini dapat menyerang jaringan di dekatnya atau berpindah ke lokasi yang jauh dengan cara memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Agar tubuh manusia dapat berfungsi dengan normal, setiap organ harus memiliki sejumlah sel tertentu. Namun, sel-sel dalam sebagian besar organ mempunyai masa hidup yang pendek, dan agar organ bisa terus berfungsi, tubuh harus mengganti sel-sel yang hilang melalui proses pembelahan sel.

Pembelahan sel dikendalikan oleh gen-gen yang terletak di dalam inti sel. Inti sel ini berfungsi seperti buku instruksi, yang memerintahkan sel jenis protein apa yang harus dibuat, bagaimana pembelahan berlangsung dan berapa lama usia hidupnya. Kode genetik ini dapat rusak karena sejumlah faktor, yang mengakibatkan kesalahan di dalam buku instruksi. Kesalahan ini dapat merubah drastis cara kerja sel. Bukannya mati, sel akan terus membelah diri dan akan terus hidup.



Sejumlah mekanisme tersedia untuk mencegah terjadinya kesalahan genetika dan menghilangkan sel-sel abnormal secara genetika dari tubuh. Namun, pada beberapa orang, pertahanan ini tidak memadai dan populasi sel-sel abnormal yang lolos dari pengendalian tubuh terus berkembang. Sel-sel kanker ini kemudian bertambah banyak dan menghancurkan jaringan yang normal.

Sel-sel kanker membutuhkan gizi untuk hidup dan tumbuh. Ada banyak jenis kanker yang bisa menstimulasi pertumbuhan pembuluh darah untuk menyediakan makanan yang dibutuhkan sel-sel kanker. Sebenarnya, kata kanker berasal dari kata Latin Cancri, yang berarti kepiting. Orang di masa lalu menganggap pembuluh-pembuluh darah besar yang mengelilingi gumpalan tumor tampak seperti jepit dan kaki kepiting.

Melawan Kanker

Kanker adalah penyakit yang serius, tapi tidak semua orang yang mengidap kanker akan mati karena kanker. Banyak orang yang masih hidup sampai hari ini memiliki riwayat kanker. Bagi mereka, kanker telah menjadi masalah kesehatan yang kronis (terus berlanjut), sama seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Apa yang harus Anda lakukan setelah Anda tahu Anda mengidap kanker? Biarkan kami membimbing Anda.

Diagnosis

Kanker mungkin sulit untuk dideteksi, tapi untuk beberapa jenis kanker, semakin dini terdeteksi maka semakin baik peluang untuk mengobatinya dengan efektif. Teknik gambar atau imaging (metode menghasilkan gambar tubuh) telah menjadi elemen penting untuk mendeteksi dini banyak jenis kanker. Tapi, gambar tidak hanya digunakan untuk mendeteksi. Gambar juga penting untuk mengetahui stadium (seberapa parah kanker tersebut) dan lokasi yang tepat dari kanker untuk membantu mengarahkan pembedahan dan pengobatan kanker lainnya, atau untuk memeriksa apakah kanker kambuh kembali.

Radiologi dan Teknologi Gambar ini telah terintegrasi untuk melakukan deteksi, diagnosis dan pengobatan. Rentang layanan radiologi dan gambar khusus ini mencakup:

  • Symbia Truepoint SPECT CT yang pertama di Asia memadukan sensitivitas fungsional Sistem Kamera Gamma SPECT dengan informasi anatomi terperinci yang diberikan oleh sistem CT 6-potongan untuk mendapatkan deteksi tumor yang semakin baik. SPECT juga menggunakan isotop-isotop spesifik seperti I131 Octreotide atau MIBG untuk melokalisir tingkat keparahan tumor atipikal kecil, seperti tumor Neuro-endokrin.
  • Scanner CT 64-potongan mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi dalam waktu yang sangat singkat, kemudian data gambar ini akan direkonstruksi dalam berbagai bidang untuk menghasilkan gambar 3D dengan kemampuan rendering permukaan, kolonoskopi virtual, angiografi dan saluran-saluran koroner jantung. Scanner CT ini juga digunakan untuk memandu radioterapi, biopsi jarum dan prosedur invasif minimal lainnya.
  • PET/CT akan mengintegrasikan sensitivitas PET (Positron Emission Tomography) dengan informasi anatomi terperinci yang diberikan oleh sistem CT multi-potongan untuk mendapatkan deteksi tumor yang semakin baik. PET scan adalah sebuah teknik pengobatan nuklir diagnostik. PET/CT telah menjadi bagian integral dalam penanganan kanker paru-paru, colorectal, kepala dan leher, payudara, esofagus, dan rahim, limfoma dan melanoma, dan bermanfaat untuk jenis-jenis tumor ganas tertentu di lambung, saluran empedu (hepatobiliaris), ovarium, pankreas dan ginjal..
  • Teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI) menggunakan sebuah bidang magnet yang kuat dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar diagnosis yang jernih dan terperinci, yang pada beberapa area tubuh tertentu sangat bagus dibandingkan metode gambar lainnya. Dalam teknik gambar kanker, teknologi ini teristimewa bagus untuk otak, sumsum tulang belakang (medula spinalis), dan hati.
  • Layanan Radiologi Intervensional (Interventional Radiological Services) merupakan sistem pengobatan yang sangat terspesialisasi, bertingkat invasif minimal dan bertarget sangat rinci, yang dilakukan oleh para ahli radiologi dengan keahlian khusus yang akan menggunakan panduan gambar seperti CT scan, ultrasound dan angiografi, tanpa melakukan pembedahan. Beberapa sistem pengobatan pasien dengan kanker antara lain:
  • Kemo-embolisasi (Chemoembolisation) untuk tumor hati yang mencakup penggunaan sebuah tabung kecil bernama kateter untuk memasukkan obat langsung ke arteri yang memasok tumor, kemudian menutup pasokan darah ke tumor;
  • Ablasi frekuensi radio (radiofrequency ablation), yang mencakup penggunaan elektroda khusus seperti jarum yang dimasukkan berdasarkan panduan gambar ke dalam tumor melalui kulit untuk memanaskan dan membunuh tumor dengan arus listrik yang dipasok pada frekuensi gelombang radio;
  • Akses ke vena dengan panduan gambar untuk kemoterapi jangka panjang; dan
  • Biopsi jarum lembut dengan panduan gambar.


Patologi

Pemeriksaan patologi yang akurat dan menyeluruh terhadap biopsi awal merupakan tahap mendasar untuk dapat melakukan pengobatan kanker yang efektif. Dalam algoritma penanganan, laporan histopatologi sangatlah penting. Tahap ini akan mendiagnosis dan menggolongkan tumor, memberi informasi tentang sel asal dan wawasan yang sangat penting untuk prognosis. Hal ini akan membantu ahli onkologi dalam merencanakan uji klinis terkait dan sistem pengobatan bagi pasien.

Diagnosis yang keliru atau salah informasi dapat mengakibatkan terapi yang keliru, mutilasi atau bahkan kematian pada pasien. Selain itu, laporan ini membuat kriteria kelayakan untuk melakukan uji klinis, memberi informasi untuk basis data klinis yang akan digunakan dalam riset klinis dan riset dasar, dan membantu menyediakan jaminan kualitas.

Pengobatan

Saat Anda berobat di Parkway Cancer Centres, Anda mendapat akses ke berbagai jenis pengobatan. Tergantung pada kesehatan, status fisik, jenis, asal dan stadium kanker Anda, pilihan pengobatan Anda dapat berupa pembedahan, radioterapi, kemoterapi atau kombinasinya, yang kemudian disebut sebagai Multi – Disciplinary Approach atau Metode Multi Disiplin.

Kemoterapi

Kemajuan terbesar dalam bidang terapi kanker adalah berkembang pesatnya obat-obatan dalam pengobatan kanker. Terapi ini ditujukan pada unsur-unsur cytotoxic, unsur-unsur biologi dan terapi bertarget lainnya (terapi kanker dengan target khusus).

Kemoterapi jenis baru ini memiliki efektivitas yang lebih tinggi, efek samping yang lebih sedikit dan hasil keseluruhan yang lebih baik. Beberapa obat-obatan baru ini tidak menyebabkan kerontokan rambut, mual, muntah-muntah atau efek samping signifikan lainnya.

Penggunaan kemoterapi ini diawasi ketat oleh konsultan senior onkologi medis, dan dilakukan oleh perawat yang telah mendapatkan pelatihan khusus dalam Onkologi.

Sebagian besar kemoterapi ini dilaksanakan di salah satu pusat pengobatan dari empat pusat pengobatan rawat jalan kami di Mount Elizabeth Medical Hospital dan Gleneagles Hospital.

Berbagai penerapan kemoterapi antara lain:

  • Kemoterapi awal atau induksi untuk memperkecil ukuran tumor sebelum pengobatan lokal sesungguhnya, baik dengan pembedahan atau radioterapi;
  • Kemo-radiasi simultan, di mana obat-obatan digunakan sebagai perangsang sensitivitas untuk meningkatkan efektivitas radioterapi;
  • Kemoterapi tambahan (terapi setelah pengobatan kanker awal, untuk menekan pembentukan tumor sekunder) di mana obat-obatan diberikan setelah pembedahan atau radioterapi untuk merawat mikro-metastasis yang tidak terlihat, sehingga pasien mendapat peluang sembuh yang lebih besar;
  • Kemoterapi kuratif dalam pengobatan kanker sangat kemo-sensitif, seperti limfoma, tumor sel induk (germ cell) dan leukemia;
  • Kemoterapi dosis tinggi dan penyelamatan sel batang (stem cell);
  • Kemoterapi Paliatif untuk kanker stadium lanjut yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker, mengendalikan penyakit, mempertahankan kualitas hidup dan memperpanjang usia hidup keseluruhan.


Terapi Radiasi

Tantangan terbesar dalam Terapi Radiasi adalah mendapatkan probabilitas tertinggi untuk kesembuhan dengan efek samping yang sekecil mungkin.

Kemajuan moderen di bidang komputer dan kemajuan paralel di bidang teknik gambar (imaging) dan biomedika telah memungkinkan perencanaan dan pengobatan radiasi dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi. Teknologi ini menghasilkan lokalisasi tumor yang lebih baik, pemberian radiasi yang lebih akurat pada tumor, dan lebih mampu menghindari radiasi dosis tinggi pada jaringan normal.

Pusat perawatan kami menawarkan pengobatan radiasi yang telah terbukti untuk kanker dan tumor jinak. Pengobatan ini dapat dilakukan terpisah atau sebagai bagian dari pengobatan multi-sistem (dengan kemoterapi atau pembedahan).

Pengobatan ini mencakup:

  • Terapi Radiasi dengan Penyesuaian Intensitas (Intensity-Modulated Radiation Therapy -(IMRT)
  • Terapi Radiasi dengan Panduan Gambar (Image-Guided Radiation Therapy- (IGRT))
  • Terapi Radiasi Konformal 3D (3D Conformal Radiation Therapy)
  • Terapi Radiasi Konvensional (Conventional Radiation Therapy)
  • Terapi Radiasi Stereotaksis (Stereotactic Radiation Therapy)
  • Pembedahan dengan Sinar Radiasi (Radiosurgery)
  • Brachytherapy dan Implantasi


Kami merupakan rumah sakit pertama di Asia Tenggara yang menyediakan TomoTherapy (Terapi Radiasi dengan Panduan Gambar/Image-Guided Radiation Therapy) dengan menggunakan sistem TomoTherapy HI-ART sejak Maret 2006.

Sistem ini memberikan dosis pengobatan yang akurat pada tumor dan meminimalkan radiasi yang tersimpan pada jaringan sehat.

Dengan sistem ini, ahli onkologi radiasi dan ahli terapi dapat memeriksa lokasi tumor pasien sebelum pengobatan, dengan menggunakan gambar tomografi hasil komputasi yang diambil dari mesin, sebelum memberikan terapi radiasi yang akurat dan tanpa rasa sakit, berdasarkan rencana khusus yang sudah disiapkan dengan seksama.

Pembedahan

Para ahli spesialis bedah kami telah berpengalaman luas menangani bedah kanker. Teknologi canggih dalam bidang pembedahan telah tersedia di Pusat Perawatan kami.

Teknologi maju tersebut antara lain mencakup pembedahan radikal untuk kanker stadium lanjut, pembedahan konservasi, pembedahan dengan akses minimal, dan pembedahan rekonstruktif.

Kami memiliki ahli bedah onkologi yang memiliki spesialisasi dalam bidang-bidang berikut ini:

  • Bedah payudara
  • Bedah colorectal
  • Bedah torak
  • Bedah kepala dan leher
  • Bedah Telinga Hidung Tenggorokan (THT)
  • Bedah ginekologi
  • Bedah ortopedi - bedah saraf
  • Bedah urologi
  • Bedah gastrointestinal dan hati
  • Bedah rekonstruktif
  • Bedah umum


Untuk membantu ahli bedah, tersedia juga tim ahli anestesi, ahli radiasi intensitas , ahli fisioterapi dan tim rehabilitasi medis untuk memberikan pengobatan pra dan pasca operasi yang diperlukan untuk memastikan pemulihan yang aman dan cepat.

Pengobatan paliatif

Pengobatan paliatif diberikan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang menderita penyakit yang serius atau membahayakan jiwa. Tujuan dari pengobatan paliatif adalah mencegah atau merawat sedini mungkin gejala-gejala penyakit, dan efek samping yang disebabkan dari pengobatan penyakit tersebut, serta masalah-masalah psikologis, sosial dan spiritual yang terkait dengan penyakit atau pengobatannya. Pengobatan ini juga bisa disebut pengobatan untuk menyamankan, pengobatan suportif, dan penanganan gejala.

Pengobatan paliatif :

  • Mengurangi rasa sakit dan gejala tidak nyaman lainnya;
  • Menegaskan arti kehidupan dan memandang kematian sebagai suatu proses yang normal;
  • Tidak bertujuan untuk mempercepat ataupun menunda kematian;
  • Memadukan aspek-aspek psikologi dan spirital dalam pengobatan pasien;
  • Menawarkan dukungan untuk membantu pasien hidup seaktif mungkin sampai saat meninggalnya;
  • Menawarkan dukungan untuk membantu keluarga pasien agar tabah selama pasien sakit serta di saat-saat sedih dan kehilangan;
  • Menggunakan pendekatan secara tim untuk menjawab kebutuhan pasien dan keluarganya, termasuk dukungan di saat-saat sedih dan kehilangan, jika diperlukan;
  • Meningkatkan kualitas hidup, dan memberikan pengaruh positif selama sakit;
  • Dapat diterapkan sejak awal pengobatan penyakit, bersamaan dengan terapi-terapi lain yang bertujuan untuk memperpanjang hidup misalnya kemoterapi atau terapi radiasi, dan mencakup penyelidikan yang diperlukan untuk dapat memahami dan menangani berbagai komplikasi klinis yang menyulitkan dengan lebih baik.


Pada umumnya, mayoritas pasien kanker sudah berada pada kanker stadium lanjut saat pertama kali bertemu dengan profesional medis. Bagi mereka, satu-satunya pilihan pengobatan yang realistis adalah penghilangan rasa sakit dan pengobatan paliatif. Metode pendekatan yang efektif dalam pengobatan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup para pasien kanker tersedia di sini.

Nutrisi dalam Pengobatan Kanker

Kanker dan pengobatannya dapat menyebabkan efek samping yang berkaitan dengan masalah gizi. Pola makan merupakan bagian penting dalam pengobatan kanker. Memakan makanan yang tepat sebelum, selama dan setelah pengobatan dapat membantu pasien merasa lebih baik dan lebih kuat. Untuk memastikan nutrisi yang baik, orang harus makan dan minum makanan yang mengandung nilai gizi penting (vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak dan air) dalam jumlah yang memadai. Gejala yang menghambat selera makan antara lain anoreksia, mual, muntah-muntah, diare, sembelit (konstipasi), sariawan, gangguan menelan, dan rasa nyeri. Selera, citarasa, bau dan kemampuan memakan makanan yang cukup atau kemampuan menyerap nutrisi dari makanan bisa terpengaruh. Malnutrisi (kekurangan nutrisi penting) dapat mengakibatkan pasien menjadi lemah, letih, dan tidak mampu melawan infeksi atau menahan terapi kanker. Konsumsi protein dan kalori yang terlalu sedikit merupakan masalah nutrisi yang paling sering dialami banyak pasien-pasien kanker. Protein dan kalori penting untuk menyembuhkan, melawan infeksi, dan menyediakan energi.

Penyebab umum malnutrisi pada pasien kanker.

Anoreksia – eberapa pasien mungkin menderita anoreksia saat didiagnosis mengidap kanker. Hampir semua pasien yang menderita kanker ganas akan menderita anoreksia. Cachexia – merupakan sindroma buang air yang menyebabkan kondisi tubuh yang lemah, kehilangan berat badan, lemak dan otot. Sering terjadi pada pasien dengan tumor di paru-paru, pankreas, dan saluran sistem pencernaan atas. Efek Kanker pada Nutrisi

Kanker dapat merubah cara tubuh memanfaatkan makanan.


Tumor dapat menghasilkan zat kimia yang merubah cara tubuh memanfaatkan nutrisi tertentu. Penggunaan protein, karbohidrat dan lemak oleh tubuh dapat terpengaruh, khususnya pada tumor lambung atau usus.

Obat-obatan dapat membantu meredakan gejala kanker dan efek samping yang menyebabkan kehilangan berat badan.

Pengobatan dini terhadap gejala kanker dan efek sampingnya yang mempengaruhi cara makan dan kehilangan berat badan adalah penting. Terapi nutrisi dan obat-obatan bisa membantu pasien mempertahankan berat badan yang sehat.

Efek Pengobatan Kanker pada Nutrisi

Efek Pembedahan pada Nutrisi

Pembedahan akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan nutrisi dan energi. Tubuh membutuhkan energi dan nutrisi ekstra untuk menyembuhkan luka, melawan infeksi, dan memulihkan diri dari pembedahan. Jika pasien kekurangan gizi sebelum pembedahan, besar kemungkinannya komplikasi akan terjadi selama masa pemulihan, misalnya sulit sembuh atau terjadi infeksi.

Efek Kemoterapi pada Nutrisi
Kemoterapi dapat berpengaruh terhadap seluruh tubuh.

Kemoterapi merupakan pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker, baik dengan cara membunuh sel-sel itu, atau dengan menghentikan pembelahan sel. Karena kemoterapi menargetkan sel-sel yang membelah diri dengan cepat, sel-sel sehat yang secara normal tumbuh dan membelah diri dengan cepat juga bisa terpengaruh pengobatan kanker ini. Ini mencakup sel-sel dalam mulut dan saluran cerna.

Efek Transplantasi Sumsum Tulang dan Sel Induk (Stem Cell) pada Nutrisi

Pasien transplantasi sumsum tulang dan sel induk memerlukan nutrisi khusus.

Transplantasi sumsum tulang dan sel induk merupakan metode untuk mengganti sel-sel pembentuk darah yang hancur karena pengobatan kanker dengan kemoterapi atau terapi radiasi dosis tinggi. Sel-sel induk (sel-sel darah yang belum matang) diambil dari sumsum tulang pasien atau donor, dan dibekukan untuk disimpan. Setelah kemoterapi dan terapi radiasi selesai, sel-sel induk yang disimpan kemudian dicairkan dan dimasukkan kembali ke pasien melalui infusi. Dalam waktu singkat, sel-sel induk yang diinfusikan kembali ini akan tumbuh menjadi sel-sel darah tubuh. Kemoterapi, terapi radiasi, dan obat-obatan yang digunakan dalam proses transplantasi mungkin dapat menyebabkan efek samping yang menghambat pasien melahap dan mencerna makanan seperti biasanya.

Keputusan menggunakan alat pendukung nutris harus dibuat dengan pertimbangan sebagai berikut:


  • Apakah kualitas hidup akan lebih baik?
  • Apakah kemungkinan manfaat lebih besar daripada risiko dan biayanya?
  • Apakah ada surat perintah sebelumnya? Sebuah surat perintah adalah instruksi tertulis tentang ketentuan perawatan kesehatan atau surat kuasa jika pasien tersebut tidak lagi mampu mengutarakan kemauannya.
  • Apa keinginan dan kebutuhan keluarga?


Pasien kanker dan perawatnya berhak mengambil keputusan berdasarkan informasi yang memadai. Tim kesehatan, berdasarkan panduan ahli gizi resmi, harus memberi tahu pasien dan perawatnya tentang manfaat dan risiko penggunaan alat pendukung nutrisi pada penyakit tingkat lanjut. Di banyak kasus, risikonya lebih besar daripada manfaatnya. Namun, bagi orang yang masih memiliki kualitas hidup yang baik tapi tidak bisa makan dan minum melalui mulut, maka asupan nutrisi enteral bisa dijalankan. Asupan nutrisi parenteral umumnya kurang tepat. Keuntungan dan kerugian dari asumpan nutrisi enteral mencakup:

Panduan terkini untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umum, antara lain:


  • Makanlah makanan yang kaya gizi, dalam batasan kalori yang tepat.
  • Jagalah berat badan yang sehat.
  • Olah raga teratur.
  • Makanlah berbagai jenis buah-buahan, sayuran, padi-padian, dan produk susu rendah-lemak setiap hari.
  • Kurangi konsumsi lemak dan hindari asam lemak jenis trans (lemak trans).
  • Sering mengkonsumsi padi-padian, buah-buahan, dan sayuran yang kaya serat.
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Pilih lebih banyak makanan yang kaya potasium (seperti pisang, bayam dan kentang).
  • Mereka yang meminum minuman beralkohol tidak boleh mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak. Bahkan, orang tertentu harus menghindari alkohol sama sekali.
  • Jagalah keamanan makanan saat membuat, menyimpan dan menyajikan makanan.


Pencegahan Kanker

Pilihan makanan yang sehat dan kegiatan fisik bisa membantu mengurangi risiko kanker. Dua badan di AS, yaitu American Cancer Society dan American Institute for Cancer Research, sudah menyiapkan buku panduan pencegahan kanker yang serupa.

Panduan pola makan dan kebugaran berikut ini bisa membantu mengurangi risiko kanker:


  • Makanlah banyak sayuran. Makanlah sekurangnya 5 sajian buah dan sayuran setiap hari. Masukkan kacang-kacangan dalam pola makan Anda, dan makanlah produk biji-bijian (seperti sereal, roti dan pasta) beberapa kali sehari.
  • Pilihlah makanan yang rendah lemak.
  • Pilihlah makanan yang rendah garam.
  • Dapatkan dan pertahankan berat badan yang sehat.
  • Pastikan tubuh aktif setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu.
  • Batasi minuman beralkohol.
  • Buat dan simpan makanan dengan aman.
  • Jangan menggunakan tembakau dalam segala bentuk.


Apa saja dukungan yang tersedia?

CanHOPE adalah sebuah tim pendukung hasil inisiatif ParkwayHealth bersama dengan tim dokter multi-disiplin yang berupaya menjalankan metode holistik untuk merawat kanker tanpa ada biaya tambahan. Para penasehat menjalankan layanan konseling kanker melalui telepon hotline dan email, untuk memberikan dukungan emosi dan psiko-sosial kepada semua pasien dan perawatnya, agar mereka bisa mengatasi kanker dengan efektif. Layanan konseling temu muka juga bisa diselenggarakan.

Pasien, profesional kesehatan & publik juga bisa mendapatkan informasi kanker terbaru, tes skrining yang terkait, pengobatan dan rujukan ke layanan kanker yang tepat, informasi untuk layanan rehabilitasi dan layanan dukungan lanjutan, saran-saran tentang efek samping pengobatan kanker, strategi mengatasi kanker, pola makan, serta gizi.

Jadilah pasien

Kanker akan merubah kehidupan anda


Kanker adalah penyakit ganas, akan tetapi tidak setiap orang penderita kanker akan meninggal karenanya. Sama seperti penderita penyakit kronis lainnya, penderita kanker harus melakukan pemeriksaan secara rutin seumur hidupnya, walaupun pengobatan kanker telah selesai. Namun tidak seperti penyakit kronis lainnya, penderita kanker tidak perlu meminum obat kecuali dokter menyarankan atau harus maka makanan tertentu setelah selesai pengobatan.

Jika Anda menderita kanker, Anda akan menyadari setiap ada yang sakit, rasa sakit ataupun tanda-tanda penyakit lainnya. Sekecil apapun rasa sakit itu akan membuat Anda merasa cemas. Walaupun wajar berpikir tentang kematian dan baik untuk mengetahui perasaan Anda mengenai kematian, sangatlah penting untuk tetap berfokus pada kehidupan. Tanamkan didalam pikiran bahwa kanker bukanlah vonis kematian. Banyak penderita kanker yang berhasil dalam menjalani pengobatan. Lainnya dapat hidup lebih lama sebelum akhirnya meninggal karena kanker. Oleh karena itu mari kita jalani hidup dengan penuh makna dengan kanker dan pengobatannya.

Orang menanggapi Kanker dengan berbagai Cara

Tulisan ini untuk membantu Anda belajar dari pasien kanker lainnya. Mengetahui bagaimana orang lain bersikap terhadap kanker akan membantu Anda untuk mengerti perasaan Anda sendiri. Mempelajari bagaimana orang lain mengatasi masalah-masalah yang mungkin disebabkan oleh kanker mungkin akan membantu Anda menemukan cara tersendiri untuk mengatasi masalah-masalah yang nantinya mungkin timbul.

Perasaan Anda: Menerima Bahwa Anda Menderita Kanker

Setelah mengetahui bahwa Anda menderita kanker, berbagai perasaan akan menerpa Anda. Perasaan ini akan berubah dari hari ke hari, dari jam ke jam bahkan dari menit ke menit. Beberapa perasaan yang mungkin muncul, antara lain:

  • Penyangkalan
  • Rasa Takut
  • Rasa Gelisah
  • Rasa sedih yang mendalam
  • Merasa kesepian
  • Depression
  • Rasa Marah
  • Stres
  • Depresi
  • Perasaan bersalah


Semua perasaan diatas sangatlah wajar.

Mempunyai harapan juga merupakan hal yang wajar. Tidak ada seorang pun yang selalu gembira setiap saat, namun saat Anda berhadapan dengan kanker, harapan adalah hal yang terpenting didalam hidup Anda.

Penderita kanker dan mereka yang dekat dengan si penderita akan mengalami berbagai perasaan dan emosi. Perasaan ini akan sering berubah secara tiba-tiba.

Pada saat-saat tertentu, anda akan:

  • Marah, ketakutan atau cemas
  • Tidak percaya bahwa Anda menderita kanker
  • Tidak dapat mengendalikan diri dan tidak peduli terhadap diri sendiri
  • Merasa sedih, bersalah atau kesepian
  • Merasa memiliki harapan yang kuat akan masa depan


Masalah Keluarga

Kanker akan mengubah hidup Anda dan kehidupan orang-orang disekitar Anda.

  • Rutinitas Anda dapat menjadi kacau.
  • Tugas dan tanggung jawab dapat berubah.
  • Hubungan dengan seseorang dapat menjadi tegang atau bertambah kuat.
  • Menghadapi persoalan keuangan dan asuransi bisa menjadi masalah.
  • Untuk sementara waktu mungkin Anda perlu untuk tinggal dengan orang lain.
  • Anda mungkin membutuhkan bantuan untuk melakukan pekerjaandan tugas sehari-hari


Sebagian besar orang merasa bahwa jika mereka, teman-teman mereka dan keluarga membicarakan tentang kanker dan bagaimana perasaan mereka mengenai hal ini, mereka akan lebih dekat satu dengan lainnya.

Bentuk sebuah keluarga bermacam-macam. Ada yang terdiri dari suami istri dan anak-anak. Beberapa merupakan teman hidup. Kelompok lainnya merupakan sekumpulan orang-orang yang mencintai dan saling mendukung satu sama lain.

Tidak peduli bagaimana bentuk keluarga yang Anda miliki, kanker tidak hanya merubah kehidupan Anda akan tetapi juga kehidupan mereka yang berada disekitar Anda.

Kanker mempengaruhi keluarga dalam berbagai cara.

Berbagi Perasaan Anda mengenai Kanker

Tidaklah mudah menghadapi kanker seorang diri. Walaupun pada awalnya sangat sulit membicarakannya, sebagian besar orang menemukan bahwa berbagi perasaan dan pikiran dapat membantu untuk menghadapi kanker.

Ingatlah selalu:

  • Pilihlah pendengar yang baik. Anda mungkin tidak memerlukan orang yang memberikan nasihat atau menganjurkan apa yang harus dilakukan. Anda lebih membutuhkan orang yang mau mendengarkan dan mengerti seperti apa yang sekarang anda jalani. Anda juga dapat melihat kedalam keluarga untuk menemukan orang yang tepat.
  • Pilih waktu yang tepat untuk berbagi. Seringkali orang memberikan tanda agar Anda tahu bahwa mereka ingin membicarakan mengenai kanker tersebut dengan Anda. Seringkali Anda dapat menanyakan kepada orang lain apa yang mereka pikir dan rasakan.
  • Pahami kemarahan. Seringkali kata-kata kasar teucap pada saat marah, frustasi, cemas ataupun sedih. Cobalah untuk menemukan penyebab mengapa Anda marah dan perlu mengekspresikan hal tersebut. Jangan menghindar dari perasaan ini- berbagilah dengan teman atau keluarga Anda dan berusaha agar mereka mengerti.
  • Tidak perlu berpura-pura ceria. Mungkin Anda ingin menunjukkan kepada sekeliling Anda bahwa Anda kuat, akan tetapi dengan berpura-pura ceria tidak akan membantu anda mengekspresikan perasaan anda yang sebenarnya. Dengan berpura-pura ceria orang lain tidak akan mengerti perasaan dan pikiran Anda sesungguhnya.
  • Carilah bantuan dari kelompok pendukung kanker. Kelompok pendukung ataupun penasihat pastinya akan memberikan dukungan.


Teman dan Keluarga Juga Ikut Merasakan Perasaan Anda Mengenai Kanker

Sebagaimana perasaan Anda tentang kanker, keluarga ataupun teman-teman Anda akan bersikap demikian juga. Contohnya, teman ataupun keluarga akan:

  • Menyembunyikan perasaan sedih mereka
  • Menyalahkan seseorang atas kanker yang Anda derita
  • Mengganti topik pembicaraan apabila ada orang yang membahas tentang kanker
  • Bersikap marah tanpa alasan yang jelas
  • Membuat lelucon tentang kanker
  • Berpura-pura ceria setiap saat
  • Menghindari pembicaraan mengenai kanker Anda
  • Menjauhi Anda atau membuat kunjungan sesingkat mungkin


Memilih Waktu yang Tepat untuk Berbicara

Tidak mudah bagi orang lain mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membicarakan kanker. Seringkali orang memberi tanda-tanda jika mereka ingin membicarakannya. Mereka akan:

  • Mengangkat topik pembicaraan seputar kanker
  • Membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan kanker, seperti artikel di Koran yang baru saja mereka baca mengenai cara baru mengobati kanker
  • Lebih banyak meluangkan waktu dengan Anda
  • Sering gugup atau membuat lelucon yang tidak lucu
  • Bersikap gelisah atau membuat lelucon yang tidak lucu


Ketahui Kanker yang Anda Derita dan Kuasai Perasaan Anda

Ketika pertama kali Anda mengetahui terkena kanker, kehidupan seperti berputar arah. Dengan mempelajari jenis kanker yang Anda derita dan pengobatannya, Anda akan merasa lebih tenang. Ketahui jenis kanker dan jenis pengobatan yang sesuai dengan:

  • Bertanya kepada dokter atau perawat
  • Catat segala yang hal yang perlu diketahui ketika berkonsultasi dengan dokter
  • Mencari pendapat dari dokter lain
  • Mencari tahu jenis kanker Anda melalui internet
  • Mengunjungi perpustakaan umum atau perpustakaan di rumah sakit bagi penderita dan keluarganya


Dengan mempelajari jenis kanker Anda, maka akan mempermudah Anda untuk berbicara dengan dokter mengenai jenis pengobatan yang tepat untuk Anda.

Pertolongan dari Orang-orang di sekitar Anda

Walaupun kebutuhan Anda menjadi lebih besar saat menderita kanker, tentunya sangat sulit untuk meminta bantuan yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan , pikirkan untuk menghubungi:

  • Keluarga dan sahabat
  • Sesama penderita kanker
  • Orang-orang yang ditemui dalam kelompok pendukung
  • Kelompok spiritual atau komunitas agama
  • Tenaga kesehatan
  • Para perawat


Tidak ada orang yang perlu menghadapi kanker seorang diri. Ketika seorang penderita kanker mencari dan menerima bantuan dari orang lain, seringkali mereka merasa lebih mudah untuk menghadapinya.

Menghadapi Jati diri yang baru

Ketika Anda menderita kanker dan menjalani pengobatan untuk kanker, perubahan-perubahan akan terjadi.

  • Ketika Anda menderita kanker dan menjalani pengobatan untuk kanker, perubahan-perubahan akan terjadi.
  • Tubuh Anda tidak sama seperti dulu.
  • Jika Anda belum menikah maka kehidupan kencan anda kemungkinan akan menjadi kaku. Anda akan menemukan beberapa tantangan baru dalam kehidupan sex Anda.
  • Jika Anda berpasangan, Anda akan menemui perubahan dalam hubungan Anda.


Perubahan-perubahan ini bisa jadi sangat sulit untuk diterima. Namun sebagian besar penderita kanker mengalami bahwa dengan berjalannya waktu mereka siap untuk melakukan perubahan jati diri melalui:

  • Tetap aktif terlibat didalam kehidupan
  • Meminta pertolongan pada saat mereka membutuhkan
  • Berbicara terbuka mengenai sex dan keintiman dengan pasangan mereka


Kehidupan sehari-hari

Hidup dengan kanker bukan berarti mendekati kematian tetapi bagaimana menjalani kehidupan Anda – apakah itu singkat ataupun masih panjang. Selalu menjalankan kegiatan sehari-hari dan melakukan hal-hal yang menyenangkan, Keduanya adalah hal yang diperlukan dalam menjalani kehidupan.

Sebagian besar penderita kanker merasakan bahwa menjalani kehidupan sehari-hari dengan seutuhnya berarti:

  • Tetap terlibat didalam pekerjaan dan kegiatan menyenangkan sehari-hari
  • Kembali bekerja di kantor apabila memungkinkan
  • Membuat rencana untuk masa depan


“Jika kamu menunggu datangya hari esok, hari esok akan datang. Jika kamu tidak menunggu datangnya hari esokpun, hari esok tetap akan datang.” — Peribahasa Sinegal

Jenis dukungan apa saja yang tersedia?

CanHOPE adalah sebuah tim pendukung hasil inisiatif ParkwayHealth bersama dengan tim dokter multi-disiplin yang berupaya menjalankan metode holistik untuk merawat kanker tanpa ada biaya tambahan. Para penasehat menjalankan layanan konseling kanker melalui telepon hotline dan email, untuk memberikan dukungan emosi dan psiko-sosial kepada semua pasien dan perawatnya, agar mereka bisa mengatasi kanker dengan efektif. Layanan konseling temu muka juga bisa diselenggarakan.

Pasien, profesional kesehatan & publik juga bisa mendapatkan informasi kanker terbaru, tes skrining yang terkait, pengobatan dan rujukan ke layanan kanker yang tepat, informasi untuk layanan rehabilitasi dan layanan dukungan lanjutan, saran-saran tentang efek samping pengobatan kanker, strategi mengatasi kanker, pola makan serta gizi.

HUBUNGI para penasihat CanHOPE kami: +62 21 520 6770 atau e-mail: enquiry@canhope.org Sumber : http://www.parkwaycancercentre.com/bahasa-indonesia/about-cancer

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda