Sabtu, 18 September 2010

KULIT SEGAR CERAH




Tidak bisa dipungkiri, bumi kita tengah menderita akibat global warming. Perubahan cuaca yang ekstrum membawa dampak buruk bagi kecantikan, utamanya keindahan kulit. Bila tak hati-hati, teriknya sinar matahari bisa menyebabkan kulit kering dan kusam. Beberapa tip untuk menjaga kelembapan kulit.

Sebagai Negara beriklim tropis, suhu udara di Indonesia yang tinggi karena sinar matahari bersinar sepanjang siang kini mengingkat akibat global warming. Kelenjar minyak bekerja lebih aktif, sehingga kulit pun mudah dehidrasi. Pada akhirnya kelembapan kulit berkurang. Efek ini semakin parah dialami mereka yang sepanjang hari beraktivitas di dalam ruangan ber-AC.


Secara garis besar, menurut dr. Riyana, pakar kecantikan kulit, ada dua penyebab kelembapan kulit berkurang: faktor intrinsic dan ekstrinsik. Faktor intrinsic seperti usia dan genetic, yang sifatnya alamiah dan tidak bisa dihindari. Dengan bertambahnya usia, kulit cepat atau lambat akan kehilangan kelembapan, kelenturan dan elastisitasnya karena menurunnya kemampuan Manahan air. Padahal air berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Diujung sana, kulit jadi kering dan tipis garis-garis lebih dalam, dan mengendur.

Yang termasuk faktor ekstrinsik berasal dari lingkungan, diantaranya polusi, asap rokok, sinar matahari, penyakit dan diet yang tidak seimbang. Yang paling merusak kulit adalah sinar ultra violet dari sinar matahari. Efek negatifnya sangat jelas terlihat, seperti kulit jadi menebal, kering, lebih kasar, kerutan lebih dalan, warna jadi kekuningan dan timbul bercak-bercak pigmentasi. Faktor intrinsic tak dapat dihindari, tapi kita bisa melakukan tindakan preventif terhadap faktor ekstrinsik.

Tip menjaga kelembapan kulit :

1.

Jaga kebersihan kulit. Setelah atau semalam apa pun aktivitas, pastikan anda membersihkan wajah sebelum tidur. Pasalnya, debu yang menempel pada kulit bisa menyumbat pori-pori dan menambah tebal tumpukan selsel kulit mati, lalu memunculkan komedo dan jerawat. Kondisi ini meyebabkan kulit sulit menyerap vitamin dan nutrisi. Jadi proses utama perawatan kulit adalah menjaga kebersihannya.

2.

Hindari sinar matahari secara langsung. Lindungi kulit anda dengan beberapa langkah pencegahan. Pertama, menggunakan alat Bantu yang sifatnya melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan keluar rumah memakai sun block dengan SPF yang secara pasti menjaga kulit dari sinar ultra violet.

3.

Lakukan perawatan kulit dari dalam. Ini hjal penting untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik selain menjaganya dari luar. Kulit butuh nutrisi yang mengandung anti oksidan, seperti viatamin A, C, dan E sangat krusial. Untuk mengganti sel-sel yang mati. Di samping itu pastikan istirahat anda cukup dan berolahraga secara teratur.



Zat nurtisi untuk keremajaan kulit :
  • Vitamin C meningkatkan fungsi kolagen, sejenis protein di dalam kulit, tulang, pembuluh darah dan ligament. Kehilangan kolagen mengakibatkan kulit kendur dan berkerut. Cara mudah mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buah berwarna.
  • Vitamin E merupakan senyawa antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat rasikal bebas dan polusi lingkungan.
  • Zinc adalah mineral esensial yang bermanfaat untuk meningkatkan proses reproduksi sel, pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk kulit.
  • Selain vitamin, beberapa makanan terbukti mempu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Misalnya, susu yang dapat mengikis sel kulit mati, menghaluskan dan membuat kenyal. Kacang, terutama walnut dan ikan mengandung asam lemak omega 3 yang efektif membentuk lapisan lipid kulit. Ini untuk mempertahankan kelembapan.
  • Jangan lupa, minumair putih banyak setiap hari.

Sumber KARTINI

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda