Jumat, 30 Juli 2010

KEBIASAAN SALAH MERAWAT KECANTIKAN


Awalnya ingin tampil cantik dan mengesankan di depan suami. Segala cara dilakukan agar tetap mempesona. Ternyata merawat kecantikan bukan soal gampang, salah-salah berakibat fatal.

Salahsatunya adalah karena kebiasaan salah dalam merawat kecantikan, memang wanita cenderung suka berdandan, bahkan sudah menjadi kebiasaan. Sayangnya tak banyak yang mengetahui justru ada beberapa hal yang bisa bikin repot, bukan kecantikan yang didapt malah jadi kurang enak dipandang. Banyak wanita justru lebih cantik dengan tidak berdandan, tapi ada pula sebaliknya tambah tak nyaman dengan berdandan.


Ada beberapa kebiasaan salah dalam merawat kecantikan diantaranya memencet jerawat, bermake up saat tidur sampai dengan menjilat bibir. Memang rawanya tak nyaman bila ada jerawat, tapi memencet jerawat merupakan kebiasaan yang akan menghasilkan bekas luka yang lama sembuh. Apapun alasannya, memencet jerawat adalah tindakan yang justru akan membuat kulit wajah semakin rusak. Karena itu sebaiknya memencet jerawat mesti tidak dilakukan.

Demikian pula bermake up saat tidur. Memang sah-sah saja untuk tampil lebih cantik di depan apalagi ketika akan tidur. Namun sebuah kesalahan besar jika ini dilakukan. Memang bermmake up menutup pori-pori wajah, terjadilah iritasi kulit yang pelan namun pasti akan merusak kecantikan.

Bahkan banyak para wanita melakukannya sebagai akibat udara panas atau karena aktifitas yang menyita wnwrgi seringkali membuat bibir kering yaitu menjilat bibir. Memang, menjilat bibir akan membuat bibir menjadi basah dan lembab, namun hanya untuk sementara. Sebab, bersamaan dengan menguapnya air ludah, bibir pun akan semakin kering. Akibatnya, bibir justru bisa pecah-pecah. Lebih parah lagi jika beraktifitas diluar rumah. Air ludah yang mongering di bibir akan berubah bak sebuah lensa tipis yang justru akan mengintensifkan pengaruh sinar matahari.

Disamping tiga kebiasaan tadi, ada beberapa kebiasaan salah lainnya seperti; berdandan cahaya terang saat bermake up sebaiknya ditinggalkan. Cahaya yang datang dari atas, misalnya lampu meja rias atau kamar mandi, akan menimbulkan bayangan pada wajah yang justru akan membuat pemakaian make up tidak sempurna.

Usai berdandan sebaiknya periksa kembali dengan menggunakan cahaya alami. Caranya, matikan lampu kamar dan buka jendela. Pastikan sebelumnya tidak terdapat garis bayangan dagu di leher.

Memakai pemerah pipi terlalu tebal merupakan kebiasaan yang layak pula untuk ditinggalkan. Cobalah lakukan tes sederhana ini setelah memkai blush. Perhatikan dari jarak sedang di depan cermin, apakah masih perlu menambahkan blush atau mengubahnya menjadi lebih alami. Blush harusnya menjadikan wajah atau riasan lebih baik, bukannya sebagai aksi pengumuman kepada suami,”say…mama pakai make up nih”

Kebiasaan lainnya adalah keramas setiap hari dengan menggunakan pengering rambut atau selalu meluruskan rambut dengan alat, bahkan sampai menggunakan sisir dari besi sebaiknya kebiasaan ini segera ditinggalkan.

Seperti halnya tubuh kita butuh istirahat demikian pula dengan rambut, ia juga butuh istirahat agar bisa tampil lebih sehat. Jadi, tak perlu berlebihan dalam menata rambut. Creambath bisa dilakukan dua pecan sekali, tak perlu setiap hari. Bila menggunakan pengering dengan kipas alami. Perawatan yang berlebihan justru tak akan bagus hasilnya. Sebaiknya lakukan perawatan rambut paling tidak dua kali sepekan.

Banyak pula wanita yang punya kebiasaan merokok. Merokok akan menaikkan tingkat peredaran darah kulit, sehingga kulit menjadi berkerut. Demikian pula dengan kafein akan menyebabkan lingkaran hitam disekitar mata sedangkan kebiasaan minuman beralkohol akan menyebabkan kulit kering. Lantas apa yang bisa membuat kulit cantik? Perbanyak minum air putih dean vitamin serta biasakan mengonsumsi buah dan sayur, hindari makanan yang mengandung asam tinggi.

Memang sangat menyenangkan mandi dibawah guyuran air hangat setelah seharian beraktifitas. Tapi yang perlu anda waspadai, air panas dapat membuat kulit menjadi kering, bahkan air yang sangat panas dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Tak perlu langsung menhentikan kebiasaan itu, anda bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya, mempercepat madi 1-2 menit dari biasanya dengam temperature yang rendah. Jika ini dilakukan, artinya anda sudah berupaya tetap menjaga kelembapan kulit.

Terakhir adalah selalu menggunakan warna lipstick yang sama. Memang, menggunakan warna lipstick yang itu-itu saja bukanlah sebuah kesalah. Bagaimanapum, setipa orang wanita khususnya, pasti memiliki selera dan warna kesukaan. Namun, sedikit eksperimen dengan warna lipstick baru akan membuat penampilan jadi berubah, lumayan bikin surprise suami. NABILA/1/2005

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda