Jumat, 30 Juli 2010

BERI KESEMPATAN MEMILIH PADA ANAK



Mengajarkan anak mandiri, kedenganrannya mudah, namun dalam praktiknya pembiasaan ini banyak hambatannya.

Upaya apa yang dapat dilakukan orang tua untuk membiasakan anak agar tidak cenderung menggantungkan diri pada seseorang, serta mampu mengambil keputusan? Berikut ini ada beberapa hal yang dapat anda terapkan :


Beri kesempatan memilih

Anak yang terbiasa berhadapan dengan situasi atau hal-hal yang sudah ditentukan oleh orang lain, akan malas untuk melakukan pilihannya sendiri. Sebaliknya bila terbiasa dihadapkan pada beberapa pilihan, ia akan terlatih untuk membuat keputusan sediri bagi dirinya. Misalnya membantu menentukan menu makan siangnya.

Hargai usahanya

Hargailah sekecil apapun usaha yang diperlihatkan anak untuk mengatasi sendiri kesulitan yang ia hadapi. Beri tahu caranya. Biarkan dia menyelesaikan sendiri. Jika berhasil, jangan pelit memberi pujian.

Hindari mengajukan pertanyaan

Bertanya tentang sekolah saat anak baru dating bisa jadi akan membuatnya kesal. Jadi untuk tidak terkesan cerewetm ubah gaya bertanya, misalnya, : “Anak mama sudah pulang. Tadi bersenang-senang di sekolah? “. Mungkin dia akan bercerita sendiri tanpa di suruh-suruh.

Jangan langsung jawab pertanyaan

Meskipun salah satu tugas orang tua adalah memberi informasi serta pengetahuan yang benar kepada anak, namun sebaiknya orangtua tidak langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Sebaiknya, berikan kesempatan padanya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Sebaliknya, berikan kesempatan padanya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tugas anda mengoreksinya.

Dorong untuk melihat alternative.

Sebaiknya anak pun tahu bahwa untuk mengatasi suatu masalah, orangtua bukanlah satu-satunya tempat untuk bertanya. Masih banyak sumber-sumber lain diluar rumah yang dapat membantu untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Jangan patahkan semangatnya

Beri semangat saat anak menentukan pilihan. Jika anda keberatan, beri alas an yang masuk akal. BATAMPOS

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda