Senin, 01 Februari 2010

KEUNGGULAN PENERAPAN HOMESCHOOLING

Rasa aman.

Dengan homeschooling orang tua tidak perlu cemas tentang siapa yang membawa senjata atau pisau ke sekolah. Disamping itu, anak kita juga tidak lperlu takut akan adanya school bullies (kekerasan atau ancaman yang dilakukan oleh teman sekolah yang lebih kuat atau kakak kelas). Menurut hasil survey worldwide, school bully merupakan ancaman teroris yang paling menakutkan bagi para remaja Amerika dan sangat mempengaruhi pendidikan mereka.


Aman dari narkoba.

Sebagian anak-anak mengenal dan mendapatkan obat-obatan dari sekolah atau lingkungan dekat sekolah. Menurut penelitian yang dilaksanakan oleh sebuah badan nasional di Amerika, dari 5 juta siswa SMA/SMP, 31 % nya mengaku minimal sebulan sekali mereka melakukan pesta alcohol.

Keuntungan emosional.

Pemberian julukan, cemoohan dan penghinaan sama-sma rekan sekolah bisa berakibat fatal dibandingkan kekerasan fisik. Anak yang pandai, anak yang perlu bantuan khusus, dan siapapun yang tampil beda harus terus bertahan terhadap semua input emosional negative di sekolahnya. Penelitian menunjukkan anak perlu merasa aman agar dapat belajar dengan baik, dn homeschooling mampu memberikan itu.

Menghilangkan tekanan seks.

Menurut sebuah survey yang dilaksanakan baru-baru ini oleh Kampanye Nasional amerika, bahwa 81% remaja usia 12-14 sudah melakukanhubungan seks diusia dini. Saat ini. Semakin banyak remaja yang berdandan dan bergaya seksi. Dengan homescooling, orang tua bisa mengawasi dan memberikan penjelasan mengenai hal ini saat mereka telah mencapai usia tertentu.

Memperkuat ikatan keluarga

Homeschooling membuat semua anggota keluarga menjadi lebih dekat. Anak-anak berkembang dengan lperhatian orang tua, dan orangtua benar-benar dapat memhami anak-anaknya. Sudara(kakak/adik) yang sama-sama terlibat dalam homeschooling cenderung lebih baik dan saling membantu.

Persiapan menghadapi kehidupan nyata

Dengan kebebasan menerapkan kurikulum, anda bisa memberikan contoh kenyataan dunia ini, misalnya mengunjungi penjara, atau melihat secara langsung pengadilan. Hal ini tentu tidak atau kurang mungkin dilaksanakan jika berada di sekolah yang terikat dengan kurikulum dan target.

Lingkungan terbaik untuk spiritual

Dengan homeschooling,anak-anak bisa melihat lkangsung contoh penerapan agamanya. Anda pun bisa dengan leluasa memasukkan pendidikan ini karena kurikulum yang tidak mengikat tadi.(alia/57/5/2005)


0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda