Rabu, 02 Desember 2009

ADA APA DI BALIK KOSMETIKA KITA

Apa itu kosmetika? Kosmetika, berasal dari bahasa Inggris cosmetic yang artinya “alat kecantikan wanita”. Dalam bahasa Arab modern diistilahkan dengan altuj tajmiil, atau “sarana untuk mempercantik diri”

Definisi lebih rincinya, menurut Badan POM (pengawas obat dan makanan) Depkes, kosmetika adalah : sediaan atau paduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ kelamin luar) gigi dan rongga mulut untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah daya tarik, mengubah penampakan melindungi supaya tetap da;am keadaan baik, memperbaiki bau badan. Tapi, tidak dimaksudkan untuk menobati atau menyembuhkan penyakit.

Rambu-rambu

Innalaha jamiilun yuhibbul jamal. Sungguh, /allah Maha Indah dan mencintai keindahan. Karena itu, kosmetika adalah sebuah kniscayaan bagi muslimah yang ingin memperindah diri.

Tapi, agar pemakaian kosmetika berada di jalan benar, niat untuk mempercantik diri itu mesti tepat sasaran. Jangan sampai kosmetika menjadi sarana tabarruj (berdandan bukan pada tempatnya, misalnya berparfum aroma sensual untuk pesta)

Niat vertikalnya, ya untuk menyesuaikan diri dengan sifat Tuhan yang cinta keindahan. Bak kata Dewa dalam satu. Dengan hati-Mu, aku merasa. Sedangkan niat horizontalnya untuk menjaga citra agama Islam atau menyenangkan hati pasangan. Jangan sampai terjadi apa yang dikatakan Muhammad Abduh: Islam terhijab dan pemeluk sendiri (Al Islamu mahjubun bil ummat). Sedangkan salah satu cirri istri salihah, menurut Nabi Muhammad saw, adalah yang menyenangkan pandangan suami. Tentu saja juga sebaliknya.

Rambu berikutnya, unsure kosmetika haruslah terdiri dari zat yang halal, tidak najis atau menjijikan (khabitsaat), dan tidak membahayakan tubuh pemakainnya.

Bahan berbahaya

Menurut POM Depkes, ada jumlah bahan berbahaya yang sering disalahgunakan (ditambahkan) pada kosmetika yaitu:

• Merkuri (air raksa) ditambahkan pada pemutih dengan klaim sebagai penghalang flek-flek hitam.
• Hidrokinon lebih dari 2% ditambahkan pada pemutih dengan klaim sebagai pemutih kulit. Rhodamin B (pewarna merah jambu. Terdapat pada lipstick, perona pipi, dan eye shadow.
• Methanil yellow. (pewarna kuning ) terdapat pada bedak, pewarna pipi.
• Merah K3. terdaoat oada bedaknynshadoe K3 terdapat pada eye shadowdan perona pipi.
• Methanol lebih dari 5% (syarat <5%) terdapat pada sediaan spray yang missal hair spray.

Bahan haram

Selain bahan berbahaya, yang patut diwaspadai pada kosmetika adalah campuran bahan haram. Diantaranya adalah : plasenta dan cairan ketuban manusia, cerebroside, dan kolagen.
Plasenta manusia telah digunakan sebagai bahan kosmetika sejak 1940. khasiatnya, konon, menghilangkan kerutan, dan menstimulir pertumbuhan jaringan. Plasenta lantas dikenal sebagai kompok obat, yang kemudian oleh FDA dinyatakan sebagai misbranded.
Pada tahun 70 an, Kuba sudah mulai mengekspor sebanyak 40 ton plasenta manusia ke mriux laboratorium di Perancis untuk bahan kosmetika. Setekah mampu mendayagunakan sendiri untuk obat penyakit kulit vitiligo (tidak berpigmen), pada tahun 1980-1982 pemerintah Kuba menghentikan pengiriman plasenta ke Perancis dan mulai memproduksi obat Melagenina. Obat ini kemudian juga diproduksi oleh mexico, Venezuela, dan Kolumbia.
Pada tahun 1992-1994 pemerintah Kuba menganalisa bahwa pwnting untuk membangun pabrik yang memproduksi berbagai macam obat-obatan dan kosmetika anti aging. Misalnya, coriodermina (untukpengobatan osoriasis), piloactive lotion (untuk pengobatan alopecia), tromboplastine (panggumpalan darah), ophthalmic anti-inflammatory factor dietary supplement (osteoporosis- anemia), melagenia plus dan forte enteral food (perawatan intensif), placental lactogen (obstetric), placental shampoo bioactive dermal cream, amniotic collagen cream, hair conditioner, facial tonic cleaning milks bioactive dermal soap.
Nah, plasenta itu dikumpulkan dari rumah sakit bersalin dan kebidanan kuba, lalu disimpan dan dijaga agar tidak beku . plasenta kemudian diekstraks dan diproses sesuai dengan produk yang diinginkan, dikemas untuk selanjutnya didistribusikan di dalam negeri dan diekspor.

Amniotic liquid

Cairan yang berada di sekitar janin yang berfungsi untuk melindungi janin dari benturan fisik. Memiliki keuntungan yang sama dengan plasenta manusia serta penggunaannya terbatas pada penggunaan pelembab, lotion rambut dan perawatan kulit kepala serta shampoo. Bahan tersebut yang biasa digunakan untuk kosmetik berasal dari sapi atau lembu jantan.

Kolagen

Kolagen adalah bentuk produk protein yang merupakan serat jaringanm ikat antar sel yang memberikan ketegangan /elastisitas. Dalam bedah plastic ia di jadikan bahan anti aging (penuaan). Namun, berdasarkan sifat dan cara kerjanya, penggunaan iplan kolagen adalah untuk sarana rejuvensi kulit (mengatasi kerutan) bukan augmentasi (mempertinggi organ tertentu). Implant kolagen akan habis dan memrlukan tindakan pengulangan dalam waktu tiga bulan.
Dalam produk kosmetik, kolagen memiliki efek melembabkan karena ia bersifat tidak larut air bahkan menahan air. Bahan ini bisa berasal dari sapi (bivine collagen zydemrm) atau babi
Tentu saja babi lebih favorit. Pasalnya selain sangat ekonomis, perkembangan babi trangenik yang memiliki jaringan sel mirip menusia, kian maju.
Menurut DR.Muladno, ahli genetika molekuler di Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, melalui aplikasi teknologi transgenetika, organ penyudun tubuh babi akan semakin mirip sengan manusia. Ia pun ,enggemukkan, pembiakan babi trasgenik mulai marak sejak 1995.bahkan pada 200an, orang sudah berniat membuat pabrik organ babi melaui penangkaran babi trasgenik.

Cerebrioside

Berasal dari hewan atau tanaman cerebroside termasuk dalam kelompok glikolipid, yaitu dari bahan lemak karbohidrat. Diproduksi secara alami dalam sel epidermal basal, merupakan lapisan kulit paling dalam. Setelah berebroside terbentuk, ia akan tersekresi keluar sel kemudian bertindak sebagai lalpisan pelindung. Karena sel baru terbentuk di lapisan pelindung. Karena sel baru terbentuk dilapisan di bawah kulit, kulit yang lebih tua kan bergerak menuju permukaan dan menjadi kering.

Bahan cerbroside dapat bersumber dari sapi, lembu jantan, sel otak babi atau jaringan-jaringan system syarafnya.(alia/77/mei2005)


0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda