Selasa, 03 Februari 2009

7 KEGIATAN ASYIK DI KALA HUJAN BERSAMA ANAK-ANAK


Tak perlu bingung mencari kegiatan bagi anak ketika hari hujan. Berbagai permainan dapat Anda upayakan.

‘Terperangkap' di dalam rumah di hari hujan dengan anak balita yang sangat energetik? Anak balita bisa frustrasi karena merasa dihentikan dari kegiatan yang menyenangkan di luar rumah. Ajak dia melakukan berbagai kegiatan di bawah ini supaya tidak rewel dan tetap happy .

1. Membuat buku cerita

Ajak anak melihat-lihat majalah bekas. Minta dia menggunting 10 gambar yang paling menarik. Lalu, tempelkan masing-masing gambar tersebut pada selembar karton seukuran buku bacaan. Kemudian jilid kesepuluh lembar karton itu menjadi satu, dan minta si kecil menulis atau bercerita sesuai dengan gambar yang ada. Semakin aneh atau lucu cerita anak, semakin baik. Minta juga dia melengkapinya dengan gambarnya sendiri. Misalnya, menambahkan gambar dirinya di sebelah gambar es krim yang digunting dari majalah.

2. Mainan dari benda bekas

Kumpulkan botol-botol plastik, gulungan benang atau kotak bekas sepatu. Ajak anak berimajinasi dengan benda-benda bekas pakai ini. Misalnya, membuat tempat tidur boneka, membuat puzzle sederhana dengan memotong tutup kotak sepatu sesuai dengan balok-balok kayu yang dimilikinya, atau membuat celengan dari botol plastik. Biarkan anak ikut berkreasi bersama Anda dan hargai imajinasi serta usahanya untuk membuat mainan sendiri.

3. Bercocok tanam

Kegiatan ini sangat cocok kalau hujan berlangsung berhari-hari. Ambil handuk bekas dan gunting menjadi berbagai bentuk berbeda, seperti hati, bintang, atau tokoh favorit si kecil. Letakkan di sebuah baki plastik dan di atasnya taburkan bibit tanaman yang sangat mudah tumbuh. Kemudian siram dengan sedikit air. Tunggulah… Dalam beberapa hari akan ada kebun dengan aneka bentuk.

4. Bermain musik

Keluarkan berbagai alat dapur yang aman dan dapat dipakai untuk membuat alat musik. Misalnya, botol plastik, gallon air mineral, panci dan sodet kayu. Minta si kecil memukul-mukul panci dan botol plastik sesuai irama yang disukainya.

5. Nonton VCD bersama

Jika Anda sedang terlalu lelah untuk melakukan kegiatan bersama si kecil, pinjam VCD atau DVD dengan film-film yang menarik dan sesuai usia anak. Menontonlah bersama anak. Setelahnya, Anda dapat mengajak si kecil bermain peran sesuai cerita yang disajikan. Misalnya, buat kostum ikan hiu dari karton untuk memainkan peran dalam film Shark Tale, atau menggambari kaos dengan logo The Incridible lalu warnai dengan warna oranye dan… Voila! Anda dan si kecil siap memerankan peran sebagai keluarga Super Hero dalam kartun yang sedang top tersebut

6.Bermain bayangan tangan

Kegelapan akan selalu menimbulkan sensasi pada diri si kecil. Matikan lampu di kamar tidurnya. Pasang senter atau lampu tidur, dan arahkan cahayanya ke dinding. Lalu, ajari anak membuat bayangan dengan tangannya. Misalnya, anjing yang sedang menggonggong, kelinci yang melompat-lompat atau burung yang sedang terbang.

7. Membuat karya seni bersama

Ajak anak membuat berbagai kerajinan tangan. Misalnya, menggambari tisu dapur yang tidak mudah sobek dengan spidol atau krayon. Sifat absorpsi tisu membuat warna mengabur, sehingga menghasilkan perpaduan warna-warna indah. Selain itu, Anda dapat menyediakan kertas gambar yang lebar untuk anak menjiplak kaki atau tangannya di atas kertas dan mewarnai hasilnya.

Karya seni lain yang dapat Anda coba bersama adalah membuat kolase gambar di atas karton dari kancing bekas yang disusun sesuai gambar yang diinginkan. Tentu saja tidak hanya kancing bekas yang dapat digunakan untuk membuat kolase. Carilah bahan-bahan lain, seperti kapas yang diwarnai, popcorn , potongan tusuk gigi, atau potongan perca.

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda