Senin, 04 April 2011

MANFAAT TIDUR BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK




WAKTUNYA TIDUR, SAYANG…

Agar tumbuh kembangnya optimal, biasakan si kecil untuk tidur sesui waktu yang telah ditentukan.

Bayi yang baru lahir, biasanya tidur dan bangun berkali-kali dalam sehari. Ini berlangsung sampai 3 bulan pertama usianya. Dibulan –bulan berikutnya barulah bayi belajar untuk tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Ia mulai mengenal kebiasaan tidur pagi, siang dan malam, namun demikian, pola tidurnya masih belum teratur. Apalagi pada bayi yang aktif. Seringkali waktu tidurnya menjadi terganggu.

Mengenalkan pola tidur.

Agar bayi memiliki pola tidur yang teratur, kita harus mengenalkan dan membiasakan waktu-waktu tidurnya. Jangan membiarkannya bermain di waktu tidurm, atau tidur di saat bermain agar kebutuhan tidurnya tercukupi. Penelitian di Amerika mengungkapkan, otak dan fisik bayi berkembang lebih optimal ketika dia tidur.
Karena pada saat bayi tidur nyenyak hormone pertumbuhannya 3 kali lebih banyak dibandingkan saat terjaga.

Biasakan waktu tidurnya

Jadwalkan dengan teratur pukul berapa si kecil harus tidur di waktu malam maupun siang hari. Begitu juga dengan waktu bangunnya agar suatu ketika masuk masa prasekolah, ia telah terbiasa bangun tepat waktu. Hendaknya kebiasan ini dilakukan secara konsisiten supaya jam biologisnya tidurnya terbentuk.

Ciptakan rutinitas sebelumt tidur.

Misalnya memberihkan tubuh si kecil dengan air hangat, baringkan di tempat tidur sambil memijat seluruh tubuhnya dengan lembut, kemudian ciptakan suasana yang menenangkan, misalnya membacakan dongeng atau mengajaknya ngobrol dengan suara lembut.

Berikan kenyamanan di kamar tidurnya

Perhatikan sirkulasi udara dan tata cahayanya. Aturlah pencahayaan di kamar menjadi redup. Rapikan tempat tidurnya lalu berikan mainan yang membuatnya tenang atau memutarkan musik lembutnya.

Sumber: ayahbunda

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda