Kamis, 02 September 2010

CARA AMAN TRANSAKSI DENGAN MOBIL BANKING




Sekarang ini banyak bank menyediakan layanan mobile banking. Layanan ini dimaksudkan memberi kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi. Nasabah tak usah datang ke bank jika ingin melakukan transaksi, seperti mutasi rekening dan transfer dana. Transaksi bisa dilakukan di mana saja dengan menggunakan ponsel. Hanya, penggunaan layanan ini harus hati-hati. Terdapat 8 cara aman saat melakukan transaksi dengan mobile baking antara lain :


Pastikan kredibilitas bank

Banyak bank menyediakan layanan mobile banking. Jika anda ingin menggunakan layanan itu, pastikan kredibilitas bank tersebut. Hal ini untuk menjamin bahwa uang yang anda simpan di bank benar-benar aman. Untuk mendapatkan informasi kredibilitas bank, anda bisa bertanya pada teman-teman yang bekerja di bank.

Pastikan bank sudah bekerjasama dengan banyak operator

Pastikan bank yang anda pilih sudah bekerja sama dengan banyak operator. Hal ini dimaksudkan agar anda mudah memperoleh akses dari operator saat anda berada di blank spot area.

Pastikan akses penggunaan mobile banking yang ditawarkan

Layanan standard mobile banking, bisa diakses dengan fasilitas di ponsel antara lain SMS baking atau aplikasi tool kit (ATK). Karena jangan sapai salah akses.

Pastikan adanya bukti transakasi

Pastikan adanya bukti transaksi dari setiap transaksi yang anda lakukan. Hal ini sebagai jaga-jaga bila ada masalah. Karena itu, setiap melakukan transaksi, terutama transfer dana, jangan lupa minta bukti pembayaran kepada bank.

Pastikan kepada siapa melakukan transaksi.

Pastikankepada siapa anda melakukan transaksi. Apakah anda telah kenal dengan orang yang menjadi lawan transaksi atau belum. Jika anda tidak kenal betul lawan transaksi, hindari melakukan transaksi melalui mobil banking. Hal ini agar anda tidak merasa khawatir saat memberikan dana.

Jangan simpan PIN password di ponsel

Karen khawatir lupa nomor PIN dan password, sering orang menyimpan PIN dan password di dalam phonebook ponsel. Hal ini berbahaya, sebab bila ponsel hilang dan ditemukan orang tidak bertanggung jawab, ia bisa mengambil uang dalam rekening anda.

Segera hubungi customer service bank bila ponsel hilang

Segera hubungi customer service bank bila ponsel hilang. Tujuannya untuk memblokir semua transaksi melalui mobile banking yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Gunakan mobile banking untuk kegiatan sederhana

Meski layanan mobile banking bis adigunakan untuk transaksi apa saja, tetapi sebaiknya gunakan hanya untuk kegiatan sederhana saja, misalnya cek saldo atau mutasi rekening. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalaupun transaksi melalui layanan ini terpaksa dilakukan, yakinkan bahwa dana yang anda kirim aman.

Sumber : KARTINI

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda