Selasa, 03 Agustus 2010

ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)


WASPADA ITP TROMBOSIT TURUN, TAPI BUKAN DEMAM BERDARAH

(Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) merupakan penyakit yan gcenderung menyerang wanita. Penderita harus hidup ekstra hati-hati, menghindari pencetus kekambuhan. Sebab salah langkah sedikit saja bisa menyebabkan pendarahan hebat.

Secara harafiah, Idipathic berarti tidak diketahui penyebabnya. Thrombocytopenic berarti darah yang tidak cukup memiliki keeping darah (trombosit). Thrombosit berperan dalam pembekuan darah. Sedangkan purpura berarti luka memar.


Secara medis ITP diartikan suatu kelainan pada sel pembekuan darah, yakni trombosit yang jumlahnya menurun sehingga menimbulkan pendarahan. Pendarahan yang terjadi umumnya pada kulit berupa bintik merah hingga ruam kebiruan. Selain itu terkadang bisa terjadi mimisan dan gusi berdarah.

Menurut dr. Imam Nito, SpPD, penyebab dari ITP tidak diketahui dengan pasti. Mekanisme yang terjadi melalui pembekuan antibody yang menyerang sel trombosit, sehingga sel trombosit mati. Normalnya seseorang memiliki trombosit 150-450 ribu per kilometer darah. Pada penderita kelainan ini jumlah trombosit turun jauh dari normal, bisa hanya 20 ribu atau 25 ribu per kilometer darah.

ADA DUA JENIS

ITP ada dua jenis, yakni ITP akut dan kronik. Untuk membedakan antara keduanya ialah batasan waktu. Jika sembuh dibawah 6 bulan disebut akut. Sedangkan bila lebih dari 6 bulan disebut kronik.

ITP akut sering terjadi pada anak-anak usia 2-8 tahun, akan sembuh dalam waktu 6 bulan. Sedangkan ITP kronik biasanya menyerang wanita usia reproduksi, yakni di bawah 35 tahun. Namun belakangan ITP juga bisa menimpa pria. Hanya prosentasenya sangat kecil, sekitar dua persen. Tidak diketahui dengan pasti mengapa penyakit ini lebih sering menyerang wanita.

Sekalipun ini ditandai adanya pendarahan di kulit berupa bintik-bintik merah hingga ruam kebiruan. Jika kondisinya berat bisa terjadi mimisan atau gusi berdarah. Menegakkan diagnosis ITP dengan pemeriksaan laboratorium. Dari hasil laboratorium itu akan diketahui jumlah trombosit menurun dan pada pemeriksaan BMP (bone marrow puncture)terdapat sel megakariosit.

MIRIP DEMAM BERDARAH

Menurunnya jumlah trombosit pada penderita ITP, orang awam sering menyalah tafsirkan sebagai demam berdarah. Hal itu terjadi sebab penyakit popular yang ditandai penurunan trombosit ialah demam berdarah. Meski sama-sama ditandai gejala penurunan jumlah trombosit, tetapi keduanya sangat berbeda. Karena itu jangan sampai salah membedakan ITP dengan demam berdarah.

Yang membedakan antara keduanya ialah proses terjadinya kerusakan trombosit. Kerusakan trombosit pada demam berdarah disebabkan adanya infeksi kuman dengue. Kuman ini ditularkan melalui gigitan nyamuk aides aegypti betina. Sedangkan kerusakan trombosit pada ITP karena diserang oleh zat antibody yang dibentuk oleh tubuh itu sendiri sehingga jumlah trombosit menjadi berkurang.

Pembeda lainnya, pada ITP gejalanya berupa bercak-bercak kemerahan atua ruam kebiruan di kulit. Sedangkan demam berdarah bila sudah parah berupa bintik-bintik merah terutama di badan.

Sementara pada demam berdarah, penderita mengalami demam dan penurunan trombosit tapi berangsur normal dalam delapan hari. Jika trombosit rendah lebih dari delapan hari, harus dipikirkan kemungkinan yang lain. Salah satunya adalah ITP.


PENGOBATAN

ITP jarang menyebabkan kematian. Kecuali pada trombosit rendah. Pasien terpeleset dan jatuh sehingga terjadi pendarahan otak. Risiko yang paling buruk terjadi ialah pendarahan misalnya mimisan. Hal itu akan cepat teratasi jika segera mendapat pengobatan.

ITP umunya tidak memerlukan pengobatan serius. Tetapi bila terjadi penderahan dan jumlah trombosit menurun hingga dibawah 20 ribu mikro liter maka dianjurkan untuk tranfusi trombosit.

Pengobatan lain yang dapat diberikan adalah dengan pemberian kortikosteroid, dan obat ini dihentikan bila jumlah trombosit sudah meningkat.

Penderita ITP perlu menghindari obat-obatan yang dapat meningkatkan terjadinya pendarahan, seperti aspirin. Perlu juga menghindari benturan yang membuat luka.

Bila jumlah trombosit sudah normal, penderita akan kembali bugar seperti sediakala dan mampu melakukan aktivitas seperti biasa. Namun penderita harus tetap waspada. Penyakit ini mudah sekali kambuh.

Pemicu kekambuhan adalah kecapekan dan stress. Karena itu sekiranya penderita ingin bekerja, hindari kecapekan. Bila sudah terasa letih sebaiknya istirahat dulu sebentar, dan bila tubuh sudah beggar bekerja kembali. Juga hindari stress, itulah sebabnya penderita sebaiknya tidak bekerja di tempat yang tingkat stresnya tinggi. KARTINI

3 comments:

Anonim mengatakan...

penyakit ini banyak menyerang wanita karena dia merupakan salah satu penyakit autoimin...

Anonim mengatakan...

penyakit ini banyak menyerang wanita karena dia merupakan salah satu penyakit autoimun...

Anonim mengatakan...

aku sudah hampir 2th ini menderita ITP. kalo dilihat dari faktor keturunan, dikeluarga kami memang ada kelainan darah. alm. adikku meninggal karena Anemia hemolitik 3th yg lalu. dy juga mulai terserang penyakit itu saat usia produktif 16th. dan aku jg terserang ITP saat aku 21th. gejalanya sama persis spt yg admin katakan.

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda