Selasa, 03 Agustus 2010

BAHAYA TEKNOLOGI BAGI ANAK-ANAK




ORANG TUA WAJIB PAHAMI TEKNOLOGI

Hebohnya peredaran film porno yang pelakunya mirip artis papan atas yang bias diunduh di internet, membuat para orang tuan prihatin. Apalagi yang mempunyai anak ABG. Karena melalui ponsel dengan fasilitas Bluetooth anak-anak inibisa saling bertukar gambar, film dan yang lainnya.

Lili, misalnya, sebagai orang tua dua anak yang duduk di bangku SMPdan SMA mengaku membatasi anak-anak membuka situs internet. Ifah juga sama. Ia mengaku mengunci situs dewasa di internet.

Menyuapi hal ini, psikolo Bibiana Dyah Sucahyani yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu berpendapat anak memakai handphone (HP) dan belajar internet, sebaiknya desesuaikan dengantingkat kebutuhan mereka. “Orangtua harus melihat tingkat kebutuhan anak akan kedua teknologi ini, “ kata psikolog yang akrab di sapa Dea itu.

Dea menilai HP dan internet memberikan banyak manfaat positif, terutama dalam menunjang pendidikan. Melalui HP guru bias memberikan informasi pada siswa dengan cepat. Begitu juga internet, anak-anak bisa mengambil berbagai jenis bahan pelajaran.

Pun begitu, HP dan internet juga tidak sedikit mendatangkan dampa k negative pada anak. Bahkan melalui dua produk teknologi itu banyak kasus criminal yang menimpa anak-anak. “Nah, disini tugas orang tua. Harus memberikan informasi tentang apa HP dan internet. Orang tua juga mesti menjelaskan kemungkinan risiko yang diakibatkan keduanya, “jelas Dea.
Yang tak kalah penting, orang tua harus memahami kebutuhan anak akan HP dan internet.BATAMPOS

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda