Selasa, 13 Juli 2010

JANIN MULAI BERGERAK



KAPAN JANIN MULAI BERGERAK

Pada umumnya ibu guru pertama kali hamil, baru bisa merasakan gerakan janinnya bila kehamilannya berusia sekitar 5 bulan (20 pekan).

Pada ibu yang sudah sering hamil, mungkin lebih berpengalaman sehingga dapat merasakan gerakan janinnya pada usia 4-4,5 bulan (+18 pekan).

Pada wawalnya, gerakan janin seperti getaran halus, semakin besar janin gerakannya akan semakin terasa. Bahkan, pada janin yang sudah lebih besar lagi kadang-kadang gerakan kaki maupun tangan janin dapat menimbulkan tonjolan-tonjolan yang bergerak pada rahim, sehingga dapat dirasakan atau dilihat pada perut anda.

Mengenai frekuensi gerakannya, biasanya bila sudah masuk triwulan ketiga, janin akan bergerak minimal 10 kali sehari. Dari sifat gerakannya, kita sulit (tidak ada petunjuk) untuk mengetrahui adanya penyakit tertentu. Namun frekuensi gerakan lebih penting untuk diperhatikan. Ini berarti jika ada pengurangan frekuensi gerakan yang bermakna, maka perlu dicari sebabnya. Bila anda merasakan gerakan janin menjadi berkurang dari biasanya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk menilai kesejahteraan janin anda. NABILA/JUNI2004

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda