Rabu, 02 Juni 2010

AWET MUDA DENGAN BUAH DAN SAYUR


Banyak cara agar tetap awet muda. Murah dan muda lagi, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

Memang buah dan sayuran memiliki antioksidan yang tak terhitung jumlahnya. Antioksidan berperan mencegah berkembangnya radikal bebas didalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Karenanya antioksidan membantu mencegah penuaan dini. Menurut ahli, tak ada obat yang mempu membuat seseorang awet muda kecuali dengan buah dan sayuran.

Banyak manfaat mengonsumsi buah dan sayuran, diantaranya adalah mencegah penyakit kardiovaskuler. Mengonsumsi buah dan sayuran dapat mencegah serangan jantung dan stroke, bahkan membantu membuka arteri setelah serangan jantung. Mengonsumsi wortel misalnya, atau mkanan yang mengandung karoten tinggi setiap hari akan mengurangi resiko terkena serangan jantung berkurang hingga 22% dan 70% untuk stroke. Penderita stroke yang memiliki kandungan karotenoid di dalam darah dari sayuran dan buah akan bisa mengurangi risiko yang lebih fatal.

Manfaat lainnya adalah mencegah risiko terkena kanker hingga 50%. Buah dan sayuran yang baik terutama adalah yang kaya betakaroten, sperti wortel, ubi, bayam, dan sayur-sayuran berdaun hijau. Konsumsi wortel atau bayam setiap hari akan mengurani risiko kanker paru hingga separuhnya.

Disamping itu, buah dan sayuran yang mengandung zat yang mampu mempercepat pengeluaran estrogen jahat dari dalam mtubuh sehingga menghindari dari risiko terkena kanker payudara seperti, kol, brokoli dan sayuran hijau. Bahkan tomat, dapat mengurangi risiko terkena kanker pancreas.

Selain itu buah dan sayuran juga bermanfaat mempertahankan kemampuan fisik dan mental. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kekurangan lycopene yang terkandung dalam tomat bisa berpengaruh pada kemampuan mental dan fisik seseorang diusia tuanya kelak.

Terakhir, buah dan sayuran bermanfaat menjaga kemampuan mata. Mereka yang kurang atau tidak mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, beresiko terkena katarak hingga empat kali. Karotenoid, vitamin C, dan asam folat yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran, mampu melawan bahaya radikal bebas yang bisa mengakibatkan katarak.

SEPULUH BUAH DAN SAYURAN BERKHASIAT TINGGI


Alpukat


Merupakan pelindung sel-sel tubuh karena kandungan glutathione yang berguna membantu menetralkan lemah jahat di dalam makanan. Sebetulnya, alpukat pun mengandung banyak lemak namun sebagian besar adalah lemak baik, yaitu jenis lemak yang menhindarkan oksidasi


Beri-berian


Bluberry, cranberry, stroberi, dan raspberry banyak mengandung antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari penuaan dini. Blueberry, misalnya, mengandung tida kali lebih banyak antioksidan anthocyanins (zat penghasil pigmen warna pada buah atau sayuran) dibandingkan anggur merah maupun the hijau. Blueberry dan cranberry juga membantu menghindari infeksi saluran kemih.


Brokoli


Banyak mengandung antioksidan, khususnya sulforaphone. Brokoli juga dipenuhi kandungan karom yang mampu memperpanjang usia dan melindungi dari kerusakan insulin dan gula merah.


Kol


Kol mengandung zat yang mampu melindungi dari kanker perut dan payudara. Suatu jenis antioksidan yang khusus dimiliki kol adalah indole-3 carbinol, yang mampu meningkatkan pembuangan wstrogen jahat yang memicu kanker payudara. Konsumsi seperlima hingga sepertiga bagian utuh kol setiap hari cukup efektif.


Wortel


Berbagai studi menunjukkan, betakaroten, asset utama antioksidan yang dimiliki wortel, mampu melawan penuaan dan berbagai macam penyakit. Betakaroten dalam 6 ml wortel yang dikonsumsi setiap hari mampu mengurangi risiko kanker paru hingga setengahnya.


Jeruk


Penuh dengan kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai antikanker. Selain itu juga memiliki sejenis serat unik yang terdapat, khususnya dalam membrane dan kantung-kantung buahnya. Serat ini berfungsi mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi aterosklerosis (penebalan dan pengerasan dinding arteri sedang dan besar). Jeruk orange juga kaya glutathione.


Anggur


Mengandung sekitar 20 jenis antioksidan yang bekrja bersama menghadang serangan radikal bebas. Antioksidan terdapat pada kulit dan biji anggur, dan semakin warna buah, semakin besar pula kandungan antioksidannya. Itu artinya, anggur merah dan ungu jauh lebih banyak mengandung antioksidan.


Bawang


Penuh kandungan antioksidan. Bawang membantu mencegah kanker, khususnya kanker perut. Penggumpalan darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Bawang merah dan bawang putih kaya akan quercetine, antioksidan yang memtikan agen penyebab kanker. Agen ini menghasilkan enzim yangmemicu pertumbuhan kanker.


Bayam


Mengandung beberapa antioksidan. Kompinen yang terdapat pada bayam memiliki beragam variasi untuk mencegah akibat radikal bebas, termasuk kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, katarak, bahkan problem psikis sekalipun.


Tomat


Tomat dikenal sebagai penghasil lycopene (juga terdapat dalam semangka dan apricot). Lycopene adalah antioksidan yang mampu mengurangi risiko kanker pangkreas, kanker seviks, serta mempertahankan fungsi mental dan fisik seseorang saat beranjak mamasuki usia tua.


0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda