Rabu, 30 Juni 2010

8 CARA AMAN TRANSAKSI DENGAN MOBILE BANKING


Sekarang ini banyak bank menyediakan layanan mobile banking. Layanan ini dimaksudkan memberi kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi. Nasabah tak usah datang ke bank jika ingin melakukan transaksi, seperti mutasi rekening dan transfer dana.

Transaksi bisa dilakukan dimana saja dengan menggunakan ponsel. Hanya, penggunaan layanan ini harus hati-hati. Terdapat 8 cara aman saat melakukan transaksi dengan mobile banking, antara lain :

• Pastikan kredibilitas bank
Banyak bank menyediakan layanan mobile banking. Jika anda ingin menggunakan layanan itu, pastikan kredibilitas bank tersebut. Hal ini utnuk menjamin bahwa uang yang anda simpan di bank benar-benar aman. Untuk mendapatkan informasi keredibilitas bank, anda bisa bertanya pada teman-teman yang bekerja di bank.

• Pastikan bank sudah bekerjasama dengan banyak operator
Pastikan bank yang ada pilih sudah bekerjasama dengan banyak operator. Hal ini dimaksudkan agar anda mudah memperoleh akses dari operator saat anda berada di blank spot area.

• Perhatikan akses penggunaan mobile banking yang ditawarkan
Layanan standard mobile banking, bisa diakses dengan fasilitas di ponsel antara lain SMS banking atau Aplikasi Tool Kit (ATK). Karena itu jangan sampai salah akses.

• Pastikan adanya bukti transaksi
Pastikan adanya bukti transaksi dari setiap transaksi yang ada lakukan. Hal ini sebagai jaga-jaga bila ada masalah. Karena itu, setiap malakukan transaksi, terutama transfer dana, jangan lupa minta bukti pembayaran kepada bank.

• Pastikan kepada siapa melakukan transaksi.
Pastikan kepada siapa anda melakukan transaksi. Apakah anda telah kenal dengan orang yang menjadi lawan transaksi atu belum. Jika anda tidak kenal betul lawan transaksi, hindari melakukan transaksi melalui mobile banking. Hal ini agar anda tidak meresa khawatir saat memberikan dana.

• Jangan simpan PIN dan password di ponsel
Karena khawatir lupa nomor PIN dan password, sering orang menyimpan PIN dan password di dalam phonebook ponsel. Hal ini sangat berbahaya, sebab bila ponsel hilang dan ditemukan orang tidak bertanggungjawab, ia bisa mengambil uang dalam rekening anda.

• Segera hubungi customer service bank bila ponsel hilang
Segera hubungi customer service bank bila ponsel hilang. Tujuannya untuk memblokir semua transaksi melalui mobile banking yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

• Gunakan mobile banking untuk kegiatan sederhana
Meski layanan banking bisa digunakan utnuk transaksi apa saja, tetapi sebaiknya gunakan hanya utnuk kegiatan sederhana saja, misalnya cek saldo atau mutasi rekening. Hal ini utnuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kalaupun htransaksi melalui layanan ini terpaksa dilakukan, yakinkan bahwa dana yang anda kirim aman. KARTINI

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda