Kamis, 06 Mei 2010

KAPAN JANIN MULAI GERAK

Pada umumnya ibu baru pertama kali hamil, baru bisa merasakan gerakan janinnya bila kehamilan berusia sekitar 5 bulan (20 minggu). Pada ibu yang sudah sering hamil mungkin lebih berpengalaman sehingga dapat merasakan gerakan janinnya pada usia 4-4,5 bulan (+18 pekan).

Pada awalnya, gerakan janin seperti getaran halus. Semakin besar janin, gerakannya akan semakin terasa. Bahkan, pada janin yang sudah lebih besar lagi kadang-kadang gerakan kandungan atau kaki maupun tangan janin dapat menimbulkan tonjolan-tonjolan yang bergerak pada rahim, sehingga dapat dirasakan atau dilihat pada perut anda.

Mengenai frekwensi gerakan, biasanya bila sudah masuk triwulan ketiga, janin akan bergerak minimal 10 kali sehari. Dari sifat gerakannya, kita sulit (tidak ada petunjuk) untuk mengetahui adanya penyakit tertentu. Namun frekwensi gerakan yang bermakna, maka perlu dicari penyebabnya. Bila anda merasakan gerakan janin menjadi berkurang dari biasanya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk menilai kesejahteraan janin anda.

0 comments:

Poskan Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda