Selasa, 06 April 2010

PENDARAHAN SEHABIS KURET

Ibu yang memiliki rewayat habis dikuret lima bulan yang lalu dengan usia kehamilan tiga bulan, saat ini setiap habis berhubungan intim terjadi pendarahan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa keadaan atau penyebab, antara lain, adanya luka/trauma saat berhubungan intim, polip, infeksi, adanya erosi di sekitar mulut rahim.

Hal ini yang perlu diwaspadai pada pendarahan kontak adalah adanya perubahan sel-sel pada daerah leher rahim yang mengarah pada keganasan. Namun hal ini dapat disingkirkan pada ibu karena ibu baru melakukan kuret yang sebenarnya sudah tampak pada saat dilakukan kuret.


Mengenai hubungan dengan kuret yang lalu, dapat dikatakan sangat kecil kemungkinannya. Karena jika memang kuret yang dilakukan kurang bersih, maka ibu akan mengalami pendarahan terus sampai sekarang. Namun hal ini pun masih perlu pemeriksaan lebih lanjut. Oleh karena itu saya menganjurkan ibu melakukan pemeriksaan ke dokter kebidanan dan penyakit kandungan untuk mengetahui penyebab pasti dari pendarahan ini.

Tentang kemungkinan ibu untuk hamil lagi, tentu masih sangat terbuka jika hanya dilihat dari segi usia ibu dan suami. Namun seseorang bisa hamil atau tidak akan dipengaruhi oleh banyak hal. Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli kandungan dan penyakit kandungan.NABILA/I/2004


0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda