Minggu, 11 Januari 2009

BROKOLI CEGAH GANGGUAN JANTUNG

Brokoli atau dalam bahasa Latin brassica oleracea var italica adalah sayuran dalam suku kubis-kubisan. Brokoli berasal dari Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak
lama. Sayuran ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an dan saat ini cukup populer sebagai bahan pangan bergizi tinggi.
Brokoli paling mirip dengan Kembang kol, namun berwarna hijau, sedangkan kembang
kol putih. Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin. Selain bisa dimakan mentah, sayuran ini juga bisa diolah menjadi hidangan lezat baik di rebus maupun dikukus.
Brokoli kaya akan Provitamin A (karotenoid), asam folat dan fitamin C, agar vitaminnya tidak hilang sebaiknya dimasak sebentar. Dan untuk menjaga agar warnanya tetap hijau segar, rebus brokoli dengan air mendidih yang sudah ditambahkan setengah sdt garam dapur.
Brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidote, monoterpense dan genestein.

Manfaat brokoli
Brokoli memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah terjadinya gangguan jantung, kanker kolon, kanker prostat, kanker paru dan kanker perut.
Zat yang terkandung dalam brokoli juga bermanfaat sebagai anti oksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan gangguan perncernaan lainnya.

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda