Kamis, 15 Januari 2009

7 HAL PENTING

SEPUTAR KELOMPOK BERMAIN

SEKOLAH PERTAMA=RUMAH
Rumah adalah dasar tempat si batita belajar aturan, tatakrama, moral, pengetahuan dasar dan ketrampilan.Tetapi lembaga prasekolah adalah mitra orang tua untuk memberi stimulasi optimal, sarana belajar sosialisasi, dan pengenalan dasar pendidikan.

GURU ADALAH MITRA ORANG TUA
Idealnya, setiap anda berkunjung ke prasekolah idaman dalam proses penjajagan, para guru menyambut anda dengan baik dan menerima anda sebagai mitra sejajar. Selain memperoleh penjelasan tentang program yang ditawarkan , Anda berhak mendiskusikan prinsip pendidikan serta nilai-nilai yang berlaku dirumah anda dengan para pendidik. Agar sikecil mendapat pendidikan dan pengajaran yang sejalan dengan yang diterimanya dirumah.


PROGRAM YANG SELARAS
Anak akan bingung jika anda memasukkan ke lembaga pendidikan yang memiliki sistem nilai berbeda dengan yang berlaku dirumah. Cermati pilihan anda dengan mempertimbangkan keselarasan agar manfaat program di prasekolah bisa diserap maksimal oleh anak.

YANG PENTING SOSIALISASI
Kesempatan bersosialisasi dengan anak seusia adalah manfaat yang bisa diperoleh si batita dengan bergabung dengan kelompok bermain. Tak perlu berharap terlalu muluk! Prestasi si 2-4 tahun selama belajar kelompok bermain tidak beranjak jauh dari trampil secara sosial, motorik, bahasa dan komunikasi.

SESUAI KEMAMPUAN
Prasekolah harus memiliki fasilitas memadai dan sesuai kebutuhan balita sehingga beberapa sekolah yang "mengimpor" materi dan bahan ajar jelas berbiaya tinggi. Ukur kemampuan anda secara finansial,dan cermati program serta biaya yang ditawarkan. Kalau anda mampu, dan biaya serta program prasekolah memang pantas, tak perlu ragu menjatuhkan pilihan! Selain perhitungan itu, gunakan INTUISI ANDA.

LOKASI, FASILITAS,PELAYANAN YANG PAS
Idealnya, sekolah pertama si kecil letaknya tak jauh dari tempat tinggal. Tetapi tak tertutup kemungkinan, prasekolah yang letaknya tak terlalu dekat pas dihati anda dan sikecil! Pertimbangkan betul sebelum memilih.

ANDA JUGA BELAJAR
Masuknya si kecil ke sekolah pertamanya adalah babak baru bagi anda sebagai orang tua. Anda tak lagi dikenal sebagai sebutan Ibu Asti atau Bapak Budi. Anda kini dikenal dengan sebutan 'Bundanya Yoga" atau 'Ayahnya Lily'. Inilah saatnya anda belajar berbagai hal baru: mengenal anak secara obyektif, bergabung dengan organisasi guru dan orang tua, menyesuaikan diri dengan sistem prasekolah serta melepas ego dan lain-lain. Agar maksimal, dan baiknya anda melibatkan diri bersama-sama orang tua lainnya.





0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda