Senin, 26 April 2010

MENGHITUNG-MENGHITUNG BIAYA PERNIKAHAN


Sekarang, berapa sih kira-kira yang perlu disiapkan untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan? Kita bahas saja satu per satu.

KUA dan Penghulu

Biaya ini resminya sih tidak terlalu mahal tapi total biayanya jauh lebih besar daripada biaya resmi. Berapa ratus ribu perlu disiapkan.

Pendukung acara

(MC, nasyid, qori, dll), bisa yang professional yang tarifnya dinegosiasikan di awal, bisa juga dengan meminta saudara atau teman dengan imgbalan ala kadarnya.

Mahar

Ini mutlak ada, dan tidak boleh dihemat . mahar adalah hak mempelai perempuan yang diminta pada suaminya.selayaknya calon suami menanyakan mahar apa yang ia inginkan dan menyediakan sebagai bukti cintanya.
Akan lebih baik jika mahar dalam bentuk materi memang berasal dari hasil keringat sang calon suami. Walaupun terpaksa minta bantuan sana-sini untuk biaya resepsi, usahakan bahwa mahar adalah hasil kerja jeras sendiri. Insyaallah lebih terasa nilainya bagi yang memberi, dan lebih bermanfaat bagi yang menerima.

Seserahan (jika ada)

Sesuai dengan adapt masing-masing, keluarga pria membawa seserahan kepada keluarga wanita untuk memulai hidup baru. Seserahan ini biasanya berupa pakaian dari ujung kepala tangga, dan lainnya. Ini memang hanya kebiasaan, tidak ada patokan pastinya.

Konsumsi

Nah, inilah komponen paling besar dalam biaya pernikahan. Bahkan, biaya konsumsi ini bisa mencapai setenah dari total biaya.
Kalau memasak sendiri, sulit diperkirakan berapa anggarannya. Namun jika menggunakan catering, dirumah maupun di gedung, biayanya akan mudah dihitung di awal.
Biaya catering bervariasi dalam rentang cukup jauh, tergantung dari menu yang dipilih, kualitas layananmm, pengalaman, dll. Untuk wilayah Jabotabek dan sekitarnya, harga catering berkisar antara Rp.15000 sampai dengan berapa ratus ribu rupiah per porsinya.

Tempat

Jika rumah memang memadai, biaya pernikahan bisa ditekan, meski harus ditambah kerepotan. Kalau rumah tidak memadai, atau tidak mau repot, sewa gedung juga tidak ada salahnya. Biaya gedung biasanya tidak terlalu mahal, mulai dari beberapa ratus ribu sampai beberapa juta. Namun, kalau sudah masuk gedung, kadang ada biaya tambahan untuk catering, dekorasi dsb.

Dekorasi, busana dan riasan

Kadang, biaya ini kurang diperhitungkan. Padahal, biaya busana dan riasan bisa membengkak. Untuk pernikahan yang sederhana, busana dan riasan hanya untuk pasangan pengantin dan orang tua saja, sehingga tidak terlalu banyak biaya. Namun kadang ditengah jalan timbul pemikiran untuk menyeragamkan panitia dan keluarga. Alhasil, yang tasinya hanya niat sewa beberapa pasang pakaian adat, bisa jadi akhirnya membeli beberapa pasang busana untuk semua panitia dan saudara. Untuk menekan munculnya biaya di tengah jalan ini, koordinasikan dengan para saudara dan panitia. Busana, terutama untuk perempuan, bisa ratusan ribu per orang.

Transportasi

Memang tak afdal rasanya menikah tanpa mengundang keluarga besar. Kalau masih dalam kota munmgkin tidak masalah, tapi mengundang keluarga besar dari luar kota, akan perlu biaya besar . namun, jangan terlalu memaksa. Insyaallah keluarga besar bisa mgnerti asalkan kita tidak gengsi menjelaskan berapa isi kantong kita.

Dokumentasi

Meski sifatnya tambahan, album pernikahan akan masuk anggaran. Besarnya mulai ratusan ribu sampai beberapa juta. (ummi maret 2008)

0 comments:

Posting Komentar

Bunda Dan Ananda © 2008 Template by:
bunda dan ananda